Songa Rafting

19 Agustus 2007…

Liburan panjang semester 2 kuliah ini saya gunakan untuk reuni dengan teman-teman SMA. Kegiatan yang kami pilih kali ini adalah : Rafting! Yeah, ini pertama kalinya kami mencoba olahraga ekstrem ini. Excited!

Songa Rafting ini terletak di daerah Probolinggo. Dari Sidoarjo ke Probolinggo, kami menempuh sekitar 2 jam perjalanan. Untuk mencapai basecamp Songa dari jalan raya Probolinggo memang agak membingungkan untuk yang baru pertama kali ke sana. Kami sempat nyasar. Namun setelah bertanya kepada orang sekitar, akhirnya kami menemukan tempatnya.

Peta menuju Songa. Sumber : raftingpekalen.wordpress.com

Songa Rafting ini mempunyai dua jalur rafting, yaitu Songa bawah (sungai Pekalen Bawah) dan Songa atas (sungai Pekalen Atas). Basecamp Songa bawah terletak di Ds. Condong, Kec. Gading. Sedangkan basecamp Songa atas terletak di Ds. Pesawahan, Kec. Tiris. Sungai Pekalen Atas memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi untuk berarung jeram dibandingkan dengan sungai Pekalen Bawah.

Meskipun baru pertama kali rafting, saat itu kami langsung ingin mencoba rafting di Songa atas. Semakin menantang, semakin seru buat kami :D

Basecamp Songa Atas

Setibanya di basecamp, kami diberi kesempatan untuk berganti pakaian dengan pakaian untuk berbasah-basahan, menitipkan barang bawaan, serta memakai perlengkapan pelindung, seperti helm dan jaket pelampung. Bagi yang ingin membawa kamera namun takut kameranya rusak dan basah, jangan khawatir, titipkan saja kamera pada guide. Guide yg akan membawa kamera kita dalam tas waterproof, dan siap memfoto kita saat rafting nanti. Kegiatan bernarsis ria tetap bisa jalan.

Setelah bersiap-siap, kami sudah tak sabar untuk nyebur ke sungai. Ternyata eh ternyata, tidak semudah itu, karena lokasi start rafting masih jauh dari basecamp. Untuk menuju ke lokasi, kami dinaikkan mobil pickup terbuka. Seru! Karena jalan yang dilalui lumayan menanjak naik turun. Sesudah turun dari mobil, kami harus trekking naik turun bukit, menyusuri jalan setapak yang lumayan jauh dan curam. Benar-benar tidak mudah ya..fiuuh… Selama trekking, kami disuguhi pemandangan hutan, dan orang-orang mandi di sungai. Wow.

Nyempetin foto waktu trekking :D

Setelah sampai di starting point, kami diberi penjelasan singkat tentang cara berarung jeram. Lalu kami dibagi dalam 3 perahu karet. Satu perahu memuat 4-5 orang, termasuk seorang guide berpengalaman dalam tiap perahu. Jarak pengarungan dari start – finish kurang lebih 12 km yang ditempuh selama 3,5 jam.

Starting point

And the adventure is begin!

Selama perjalanan, kami disuguhi pemandangan sungai dan hutan yang indah. Melewati goa kelelawar, dengan ratusan kelelawar beterbangan kesana kemari. Kemudian, kami diberhentikan di satu air terjun. Bisa dibilang ini spot foto wajib saat berarung jeram di Songa.

Air terjun

Kemudian kami melanjutkan perjalanan lagi. Di tengah perjalanan, kami berhenti di Rest Area Kedung Adem-adem. Di sini, kami dijamu dengan minuman jahe panas dan sajian pisang goreng. Setelah basah-basahan terus makan yang panas-panas. Enaknyaa…

Makan duluu :)

Our boat

 

Foto-foto dulu di rest area :D

Yak, setelah kenyang makan dan kenyang foto-foto, mari lanjut lagi!

Pemberhentian selanjutnya adalah di tebing untuk terjun bebas. Ketinggiannya sekitar 5 m. Memang keliatannya pendek sih kalo dilihat dari bawah, tapi coba ke atas, wuiih…ngerii.. Tantangan banget untuk nyobain! Untungnya kami semua pemberani. Tebing segitu doank sih udah lulus kami taklukkan. Huh.

Terjuuuuunnn!!!!

Tanpa terasa 12km sudah terlalui. Finish point terletak di Dusun Gembleng, Desa Pesawahan. Ternyata untuk kembali ke basecamp, kami kembali harus trekking dan dinaikkan lagi ke mobil pickup. Kirain..perginya doank yang susah, pulangnya juga ternyata.

Sesampainya di basecamp, kami segera mandi dan berganti pakaian. Sesudah itu, makaaannn!!  Menunya antara lain seperti tempe, tahu, ikan, urap-urap dan sambal tentunya. Nyaamm… Berakhirlah sudah petualangan kami hari itu. What a fun first rafting experience! :)

Tips & note:

1. Booking terlebih dahulu beberapa hari sebelumnya. Harga paket sudah termasuk guide, perlengkapan, local transport, snack, makan siang, dan asuransi.

2. Pake pakaian yang praktis. Kaos dan celana pendek paling oke.

3. Buat yang takut item, jangan lupa bawa sunblock.

4. Kalo bisa, pake sandal gunung atau sepatu, karena ada aktivitas trekkingnya.

5. Selengkapnya, cekidot web Songa Rafting.

Happy Rafting! :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s