Karimunjawa, Kepulauan Cantik di Utara Jawa

Perjalanan ini adalah awal mula kecintaan saya pada pantai, laut, dan kepulauan…

IMG_3638

Tahun 2011 itu sepertinya Karimunjawa sedang tenar-tenar nya. Selain itu banyak paket tour murah ke Karimunjawa bertebaran di jejaring sosial. Karena penasaran dengan Karimunjawa dan biaya ke sana juga tidak mahal, akhirnya saya mengajak sahabat saya, Ayik, untuk berangkat ke sana. Ayik lantas mengajak serta kedua teman kuliahnya, Tiko dan Dani. Saat itu kami menggunakan jasa paket tour dari Karimun Jawa Beach Adventure dengan harga paket 400 ribu-an/orang untuk 4 hari 3 malam. Harga paket itu all in, alias sudah termasuk semua fasilitas, kecuali transport dari kota asal ke meeting point di Pelabuhan Kartini, Jepara.

14 Oktober 2011…

Pukul  21.30 kami berangkat dari Terminal Bungurasih di Sidoarjo menuju Jepara dengan menggunakan bus Patas. Tiket bus seharga Rp. 65.000.

15 Oktober 2011…

Kami sampai di terminal Jepara sekitar pukul 04.30. Saat turun dari bus, kami sudah disambut beberapa tukang becak yang bertanya, “Mau ke Pelabuhan Kartini ya? Ayo, mari naik.” Rupanya mereka sudah tahu bahwa kami adalah wisatawan yang akan berkunjung ke Karimunjawa. Memang bisa dilihat dari penampilan kami yang menggendong backpack besar sih…

Kepulauan Karimunjawa dapat diakses dari Pelabuhan Kartini di Jepara. Jarak tempuhnya adalah 6 jam dengan menggunakan kapal feri Muria *mabok*. Sayangnya saat itu di Pelabuhan Kartini ini belum ada kapal cepat yang melayani penyeberangan ke Karimunjawa. Jika ingin yang cepat, menyeberanglah dari Semarang. Di pelabuhan Semarang ada kapal cepat menuju Karimunjawa dengan jarak tempuh hanya 3 jam, dan tentu saja dengan harga yang lebih mahal.

Jarak terminal Jepara dengan pelabuhan Kartini sebenarnya tidak terlalu jauh. Bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Saat itu kami memilih menggunakan becak karena belum tahu seberapa jauh jarak terminal dan pelabuhan. Tarif becaknya adalah Rp. 10.000.

Di pelabuhan, ada beberapa teman rombongan yang sudah datang. Setelah menunggu beberapa lama, sekitar pukul 07.30 kami sudah bisa naik ke atas kapal. Sayangnya kami agak telat naik, karena begitu ada di atas kapal ternyata sudah tidak ada tempat duduk tersisa! Untungnya di kapal ada penyewaan matras, sehingga kami menyewa dua matras untuk dipakai tiduran di lantai kapal. Dan Alhamdulillah, keputusan tiduran di lantai ini tepat bagi orang yang gampang mabuk laut seperti saya. Goncangan kapal sangat terasa apabila kita duduk di atas kursi. Jadi sebaiknya dipakai untuk tiduran. Apalagi perjalanannya lama sekali. Euhh…

Di depan kapal Muria

Di depan kapal Muria

Sekitar pukul 14.00 akhirnya saya terbebas juga dari perjalanan yang lumayan menyiksa itu. Kami tiba di Karimunjawa! :D

Welcome to Karimunjawa

Welcome to Karimunjawa

Kepulauan Karimunjawa ini ditetapkan sebagai Taman Nasional oleh pemerintah Jepara sejak tahun 2001. Karimunjawa adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut. Kepulauan ini terdiri dari 27 pulau yang berpenghuni dan tidak berpenghuni. Pusat administratif kepulauan ini adalah di pulau Karimunjawa, pulau yang paling besar di antara pulau-pulau yang lain.

Penginapan kami ada di homestay Dafista. Letaknya hanya sekitar 5 menit berjalan kaki dari dermaga Karimunjawa. Kamarnya bersih, dengan kamar mandi dalam. Sayangnya kamarnya agak pengap karena kurang cahaya. Di sore dan malam hari ini kami gunakan untuk berjalan-jalan di pantai sekitar dermaga dan berwisata kuliner di alun-alun Karimunjawa.

16 dan 17 Oktober 2011…

Dua hari berikutnya kegiatan kami adalah hopping island ke pulau-pulau di Karimunjawa. Transportasi yang digunakan untuk hopping island ini adalah kapal bermotor. Karena ombaknya cukup besar, perjalanan naik kapal nelayan ini cukup menyiksa saya. Berkali-kali pula saya jackpot. Erghh…

Di atas kapal nelayan

Di atas kapal nelayan

Tapi perjalanan yang menyiksa di atas kapal terbayar dengan keindahan pulau-pulau nya. Kami mengunjungi beberapa pulau, seperti Pulau Tengah, Pulau Kecil, Pulau Menjangan Kecil, gosong pasir, dll. Dan kesemua pulaunya cantik! Dengan pasir putih yang sehalus susu bubuk, serta air lautnya yang biru dan sejernih air putih.

IMG_3633

IMG_3652

IMG_3654

Di depan Pulau Menjangan Kecil

Di depan Pulau Menjangan Kecil

                 

                   

                    

Selain hopping island, kami juga sempat bermain bersama ikan pari dan hiu-hiu jinak di rumah apung Karimunjawa.

DSC_2261

Langit senja di Karimunjawa ini juga tidak kalah bagusnya. Langitnya bersih. Bintang-bintang di malam hari masih dengan indahnya bersinar di atas langit Karimunjawa. Untuk melihat sunset, orang-orang biasanya pergi ke pantai Tanjung Gelam karena letaknya yang berada di ujung barat pulau Karimunjawa.

Pantai Tanjung Gelam

Pantai Tanjung Gelam

Sunset di pantai Tanjung Gelam

Sunset di pantai Tanjung Gelam

Underwater-nya bagaimana? Tidak kalah cantik! Terumbu karangnya masih dirawat dengan baik oleh alam. Bahkan di perairan dekat dermaga tempat kapal bersandar pun masih banyak ikan-ikan kecil yang berseliweran. Tapi jangan sampai memberi makan ikan-ikan itu dengan roti ya. Ragi roti dapat merusak terumbu karang. Selain itu, memberi makan ikan juga dapat menyebabkan ketergantungan ikan pada manusia, sehingga mereka lupa dengan makanan alaminya.

Keindahan underwater Karimunjawa ini tidak lepas dari peran penduduk sekitar yang sangat menjaganya. Nelayan kapal kami selalu berhati-hati saat melepas jangkarnya di laut agar tidak merusak karang. Bahkan guide kami pun selalu mengingatkan agar jangan sekali-kali menginjak karang saat snorkeling.

100_3738

100_3236

100_3251

100_3739

18 oktober 2012…

Inilah saatnya kami berpisah dengan Kepulauan Karimunjawa. Masih banyak pulau yang belum kami singgahi, apa daya waktu kami terbatas oleh keharusan ngantor. Dan kami pun melenggang pulang dengan kulit yang menghitam, kepuasan di hati, serta memori akan indahnya Karimunjawa… :)

IMG_3789

(Photos taken by Ticco& Karimun Jawa Beach Adventure)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s