Papuma, Si Pasir Putih di Selatan Jember

Perjalanan sekitar 5 jam dari Kota Surabaya ke arah Jember, Jawa Timur, mengantarkan kami berlima ke salah satu pantai yang memiliki pesona alam tiada tanding. Pantai berpasir putih ini dikenal dengan nama Pantai Tanjung Papuma. Rute perjalanan kami dari Sidoarjo adalah melewati Porong – Gempol – Pasuruan – Probolinggo – Jember. Pantai ini berada sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Jember.

IMG_0433

Pantai yang memiliki luas sekitar 50 hektar ini dikelilingi hutan lindung yang dikelola oleh Perum Perhutani. Lokasinya berada tepat di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Jember, Jawa Timur.

Sayang, belum ada angkutan umum yang bisa mengantarkan wisatawan untuk mencapai tempat ini. Jadi, jika ingin sampai di Pantai Tanjung Papuma, kita harus menggunakan kendaraan pribadi. Namun, akses jalan yang sudah cukup baik membuat pengunjung tak henti-hentinya berdatangan ke pantai ini. Tiket masuk Pantai Tanjung Papuma Rp 7.000,00 per orang dan Rp 2.000,00 untuk parkir (mobil).

IMG_0003

Pengelola pantai juga terus berusaha melengkapi fasilitas pantai. Terbukti hingga saat ini, di areal pantai sudah bisa kita jumpai beberapa fasilitas pendukung, seperti toilet, mushola, bahkan penginapan. Lapar saat berwisata? Jangan khawatir, di pinggir pantai banyak pedagang yang menjual makanan dengan harga terjangkau.

Walaupun Tanjung Papuma tergolong sebagai pantai yang berada di selatan Pulau Jawa, tapi ombaknya tergolong tenang. Selain pasirnya yang putih, airnya juga sangat biru. Sepertinya banyaknya pengunjung tak mengganggu kelestarian pantai, karena pantai ini terlihat tetap bersih.

And..this is it! Our randomness…

DSC_0026

DSC_0042

DSC_0152

IMG_0020

IMG_0021

Gimana? Cantik kan Papuma? Benar-benar tempat yang wajib dikunjungi jika anda sedang berada di Jawa Timur :)

(Photos taken by me & Azmil Chusnaini)

2 thoughts on “Papuma, Si Pasir Putih di Selatan Jember

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s