Berkunjung ke Malang? Jangan Lupa ke Pantainya!

Loh, di Malang ada pantai ya? Ada donk. Malang tidak melulu hanya tentang dataran tingginya, kebun apelnya, atau Jatim Park-nya. Malang juga mempunyai pantai-pantai indah yang masih alami. Letaknya di Malang bagian selatan, dan jaraknya memang lumayan jauh dari pusat kota Malang, yaitu sekitar 2 jam dengan kendaraan pribadi.

Ada beberapa pantai di Malang selatan. Namun karena waktu yang terbatas, saya dan teman-teman memilih 3 pantai yang letaknya searah, yaitu Sendang Biru, Bajul Mati, dan Goa Cina.

Pantai-pantai ini terletak 69 km arah selatan Malang. Rutenya adalah Malang – Gadang – Turen – Sitiarjo – Sumbermanjing Wetan. Bisa juga memakai angkutan umum dari Malang. Turun di Turen, kemudian berganti angkutan yang menuju Sumbermanjing Wetan, kemudian Sendang Biru. Tidak perlu bingung, karena di sepanjang jalan sudah ada banyak papan penunjuk jalan untuk menuju pantai tersebut.

Rute Malang – Sendang Biru. Sumber : Google maps

Perjalanan menuju pantai-pantai ini melewati daerah perbukitan dengan jalan yang berkelok-kelok, naik turun, curam, serta terdapat jurang yang cukup terjal di kiri-kanan nya. Untung saja Azmil, si supir sekaligus pemilik mobil, sudah berpengalaman menjadi supir antar propinsi. Begitu doank mah lewaatt!

Pantai Sendang Biru

Pantai pertama yang kami kunjungi adalah Sendang Biru. Tiket masuknya sebesar Rp. 8.000/orang dan Rp. 5.000 untuk parkir mobil. Pantai ini merupakan pantai nelayan dan sering diadakan lelang ikan di tempat ini. Meskipun termasuk pantai selatan, tapi hampir tidak ada ombak di pantai ini. Kok bisa? Ya, karena di seberang pantai terdapat pulau Sempu yang menghalangi ombak untuk mencapai pantai.

Sendang Biru

Akses terdekat untuk mencapai pulau yang terkenal dengan Segara Anakannya ini memang melalui pantai Sendang Biru. Di pinggir pantai banyak terdapat kapal nelayan yang siap menyeberangkan kita ke pulau Sempu dengan biaya Rp. 100.00 PP. Kapasitas kapal bisa mencapai 10 orang.

Air laut pantai Sendang Biru ini sebenarnya biru dan cantik. Pasirnya pun putih. Sayangnya air di pinggir pantai agak kotor dan berwarna coklat karena banyak kapal yang bersandar. Orang yang berkunjung dan beraktivitas di sana pun sudah ramai. Di sana kami hanya melihat-lihat sebentar dan bertanya kepada nelayan tentang cara ke pulau Sempu. Fasilitas di pinggir pantai sudah cukup lengkap. Ada banyak pedagang makanan, toilet, serta mushola.

Sendang Biru

Pantai Bajul Mati

Perjalanan kemudian berlanjut ke pantai Bajul Mati.  Sebelum pantai Sendang Biru tadi akan ada pertigaan dengan penunjuk jalan; Sendang Biru ke arah kiri, sedangkan Bajul Mati ke arah kanan. Tiket masuk pantai Bajul Mati Rp 4.000/orang dan Rp. 5.000 untuk parkir mobil.

Bajul Mati

Bajul Mati

Bibir pantai Bajul Mati ini lebar. Pasirnya agak kecoklatan, tapi bersih. Airnya pun biru. Namun yang penting, pantai ini sepiii! Hanya segelintir pengunjung datang ke pantai ini, padahal saat itu sedang weekend. Mungkin karena ombak pantai ini yang cukup besar, sehingga tidak bisa dibuat berenang ataupun bermain air.

Bajul Mati

Bajul Mati

ki-ka : Intan, Ajeng, Chuz, Heni, Arum

Di pinggir pantai tersedia toilet dan mushola, serta pedagang makanan dan es degan, namun tidak seramai di pantai Sendang Biru.

Pantai Goa Cina

Dan..inilah pantai terakhir yang kami kunjungi sekaligus yang paling bagus di antara yang lainnya : pantai Goa Cina. Letaknya sebenarnya sebelum pantai Bajul Mati. Jarak pantai ini dari jalan raya utama adalah 2 km. Sayang akses masuk ke pantai ini agak susah karena jalannya masih tanah dan berbatu-batu. Namun kesusahan itu terbayar setelah melihat keindahan pantai ini.

Goa Cina

Goa Cina

IMG_0932

Pasir pantainya putih. Airnya biru dan bersih. Sepi pengunjung pula. Selain itu ada bagian pantai yang terhalang pulau karang, sehingga tidak ada ombak dan bisa dibuat bermain air. Cihuy!

Goa Cina

Goa Cina

Di pantai ini kami menghabiskan waktu paling lama untuk bermain dan berfoto-foto. Ya gimana lagi, motivasi traveling kami salah satunya kan memang untuk menambah koleksi foto. Hahaha.

Goa Cina

Goa Cina

Goa Cina

Goa Cina

Tiket masuk pantai Goa Cina sebesar Rp 4.000/orang dan Rp. 5.000 untuk parkir mobil. Sudah ada fasilitas toilet yang bersih dan warung makan di pinggir pantai.

Jadi bagaimana? Cantik kan pantai-pantai di Malang selatan? Kebun apel, Jatim Park, atau BNS itu sudah biasa. Putar kendaraan anda ke arah selatan dan rasakan sisi lain keindahan alam di Malang. Berkunjung ke Malang? Jangan lupa ke pantainya!

(Photos taken by me)

15 thoughts on “Berkunjung ke Malang? Jangan Lupa ke Pantainya!

  1. Iyaa bagus2 memang pantainya… Cuma sayang jalannya ke Goa China parah jelek banget… Aku lebih suka ke Bajulmati.. Haha… Next time kalo ke Malang coba jalan2 di sekitar pusat kota, sekalian wisata kuliner… Kalo butuh tempat nginap or entertainment, ni ada rekomendasi tempat… Moga2 membantu! =] http://www.kartikagrahahotel.com

    • Jalan ke Goa Cina memang jelek, tapi perjuangannya sebanding kok sama keindahan pantainya :D
      Wah, kalo ke pusat kota dan wisata kuliner Malang sih sering. Toh Malang cuma 1.5 jam dari rumah di Sidoarjo :D

  2. Halo intan,

    Nanya dong sewa mobilnya itu berapa ya? dan untuk ketiga pantai itu sekali jalan kan?

  3. Hallo Ka Intan. Salam kenal ya…

    Saya ada rencana ke malang untuk tugas akhir. Bisa tolong rekomendasikan hotel low budget atau guest house yang nyaman dan aman? Karena blog dan pengalamannya ka Intan udah keren banget nih.. hehehe
    Terima kasih

  4. hemb rumahku deket pantai2 iitu masih banyak di malang pantai2 yang indah contohnya sipelot banyu anjlok bolu2,, buruan ke mlng entar aku anterin hehe
    tapi pke becak yahhh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s