Wisata Sejarah Majapahit : Trowulan

Minggu, 13 Juli 2012…

Hari Minggu kali ini saya berkesempatan mengunjungi jejak-jejak peninggalan kerajaan Majapahit di Trowulan. Trowulan adalah sebuah Kecamatan di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Letaknya memang hanya sekitar 1 jam dari kota saya, Sidoarjo. Dekat, tapi baru kali ini saya berhasil mengunjunginya. Maklum, wisata alam lebih menarik buat saya. Hehe.

Perjalanan ini adalah gagasan dari group Backpacker Indonesia Regional Surabaya. Cukup banyak yang ikut berpartisipasi, sekitar 30 orang. Mungkin karena tempatnya tidak jauh dari Surabaya.

Starting point kami adalah di terminal Bungurasih, Sidoarjo. Kami naik bus ekonomi tujuan Mojokerto. Tarifnya cukup murah, hanya Rp. 7.000. Bus kami berhenti di jalan utama di Jatipasar.

Gapura Wringin Lawang

Gapura ini terletak tak jauh ke selatan dari jalan utama di Jatipasar. Tempat ini adalah gerbang utama untuk masuk ke kompleks Kerajaan Majapahit. Gapura Wringin Lawang terbuat dari bahan bata merah. Tidak dikenakan biaya untuk memasuki situs ini.

Karena situs-situs di Trowulan ini letaknya tersebar, kami menyewa satu mobil pickup dan satu angkutan umum untuk berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Peta Situs Trowulan. Sumber : Wikipedia.

Maha Vihara Mojopahit

Tujuan kami berikutnya adalah Maha Vihara Mojopahit. Tempat ini terletak di Desa Bejijong, Trowulan. Di tempat ini terdapat patung Buddha tidur yang katanya sih terbesar ketiga di Asia.

Candi Gentong

Candi ini terletak di Dukuh Jambu Mente, Desa Bejijong, Trowulan. Lokasinya berada di sebelah timur Candi Brahu. ketika ditemukan candi tersebut tertimbun oleh tanah yang menggunung dan membentuk seperti gentong. Candi ini bentuknya masih berupa reruntuhan dan dilindungi oleh bangunan beratap seng.

Candi Brahu

Terletak di Dukuh Jambu Mente, Desa Bejijong, Trowulan. Candi yang terbuat dari bata merah ini konon merupakan tempat pembakaran (krematorium) jenazah raja-raja. Anehnya dalam penelitian, tak ada satu pakar pun yang berhasil menemukan bekas abu mayat dalam bilik candi.

Pendopo Agung

Karena sudah lelah, lapar dan kepanasan, kami memutuskan untuk beristirahat sejenak di Pendopo Agung. Bangunan bergaya Joglo ini konon adalah tempat Patih Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa. Pendopo Agung sering dipergunakan oleh para pengunjung untuk beristirahat sejenak setelah berkeliling mengunjungi situs-situs bersejarah di Trowulan. Pedagang makanan dan minuman juga banyak terdapat di sini.

Di bagian belakang Pendopo Agung, dipisahkan oleh tembok, terdapat bangunan kecil yang bernama Petilasan Panggung. Tempat ini adalah tempat Raden Wijaya bersemedi hingga akhirnya mendapat wangsit untuk membangun Kerajaan Majapahit. Biasanya di tempat ini banyak pengunjung yang datang untuk berdoa dan mengharap berkah.

Candi Bajang Ratu

Setelah ishoma, kami melanjutkan perjalanan ke Candi Bajang Ratu. Terletak di Dukuh Kraton, Desa Temon, Kecamatan Trowulan. Juga terbuat dari bahan bata merah dan berbentuk gapura yang beratap.

Candi Tikus

Terletak di Dukuh Dinuk, Desa Temon, Kecamatan Trowulan. Pada saat ditemukan, konon candi ini berupa sarang tikus. Bentuknya seperti pemandian dengan beberapa bangunan di dalamnya.

Museum Trowulan

Yang terakhir dan menjadi penutup perjalanan kami adalah Museum Trowulan. Di museum ini kami melihat banyak patung dan artefak peninggalan kerajaan Majapahit. Tidak diperkenankan memotret barang-barang yang ada di museum ini, kecuali sudah mempunyai ijin tertulis.

Di samping bangunan utama museum, terdapat museum terbuka. Gagasan arsitektur bangunan ini adalah membuat sistem yang mampu sesedikit mungkin menapak ke tanah dan menaungi selebar mungkin. Titik yang harus menapak tanah (tanpa menggali) dikembangkan menjadi modul rangka berupa piramida terbalik yang bisa dirangkai membentuk jaringan yang saling menunjang untuk berdiri stabil. Modul piramida ini berupa rangka besi yang bisa diproduksi di luar lahan dan dibawa masuk hanya untuk dirangkai. (Sumber : http://www.itchcreature.com/?p=507)

(All photos taken by me)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s