Wisata Makam Belanda Peneleh, Surabaya

Yak, tujuan jalan-jalan kali ini adalah untuk hunting foto di sekitaran Surabaya! Maklum, baru saja pegang DSLR, dan berniat untuk latihan sedikit-sedikit. Pilihan saya jatuh pada makam Peneleh sebagai lokasi foto. Makam ini terletak di Jl. Makam Peneleh, Surabaya.

Salah satu makam tertua di Jawa Timur ini merupakan makam warga asli Belanda yang pernah tinggal di Surabaya. Banyak makam yang sudah berlubang di bagian bawahnya. Konon isi makam sudah dipindahkan ke Belanda oleh si ahli waris.

Keadaan makam saat ini tidak terawat. Ada beberapa makam yang digunakan penduduk kampung sekitar untuk menjemur pakaian, bahkan tidur-tiduran. Makam sudah banyak yang rusak. Marmer yang menjadi ornamen penghias makam pun katanya sudah banyak dijarah oleh warga setempat. Rumput liar tumbuh dimana-mana. Kambing pun banyak berkeliaran di dalam kompleks makam ini.

Paduan langgam arsitektur Eropa yang menghiasi makam serta suasana tidak terawat membuat makam ini terasa mistis namun artistik. Oleh karena itu makam ini sering dijadikan lokasi hunting foto ataupun pemotretan. Saya sama sekali tidak menemukan informasi apa pun tentang sejarah makam ini di lokasi. Sayang sekali, padahal makam ini berpotensi untuk menjadi salah satu tempat wisata sejarah di Surabaya apabila keadaannya terawat dan dilengkapi oleh informasi sejarah makam.

                

                 

Baca juga :

10 thoughts on “Wisata Makam Belanda Peneleh, Surabaya

    • Mungkin karena rasa kepemilikan masyarakat Indonesia atas warisan dan budaya bangsanya yang masih kurang?
      Nanti kalau warisan atau budaya kita diklaim sama negara lain, baru deh sadar dan panik :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s