3 Destinasi Pantai di Sumbawa Besar

Cuma ada satu kata yang cocok untuk menggambarkan Sumbawa : PUANASS!!

Sesampainya di Sumbawa Besar, saya agak shock dengan keadaan di sana. Alamnya berbukit-bukit dengan savanna yang gersang, jarang tanaman, berdebu, dan panas bukan main. Saat itu baru jam 9 dan mataharinya sudah terik sekali! Tidak heran banyak orang yang bilang kalau matahari di Sumbawa ini ada lebih dari satu. :(

Tapi, panas dan terik matahari tidak menghalangi saya dan si teman perjalanan, mbak Wati, untuk menjelajah sekitaran Sumbawa Besar. Ke pantai tentunya! Sumbawa Besar yang biasanya hanya dilewati dalam perjalanan lintas Sumbawa ini punya beberapa pantai yang belum banyak dikenal orang, lho. Ada apa saja?

1. Pulau Moyo

Pulau ini terkenal dengan keindahan pantainya  dan resort yang pernah diinapi oleh Lady Diana. Dengan berbekal informasi dari sana-sini, kami berangkat ke tempat yang disinyalir sebagai tempat penyeberangan ke Pulau Moyo. Dari rumah teman di Olatrarang, Sumbawa Besar, kami menempuh hanya sekitar 5 menit dengan sepeda motor untuk sampai di Muara Kali, Labuan Sumbawa. Kami bertanya pada beberapa bapak-bapak di sebuah warung, dan ternyata benar bahwa tempat tersebut adalah tempat penyeberangan ke Pulau Moyo!

Hanya dengan membayar Rp. 25.000/orang dan menempuh perjalanan laut selama 3 jam, kita bisa mencapai pulau tersebut. Sayangnya untuk penyeberangan kembali ke Sumbawa baru ada esok hari, jadi kami harus menginap semalam di pulau tersebut. Sebenarnya sih saya oke-oke saja untuk menginap di sana, karena banyak penduduk setempat yang terbuka menerima kedatangan wisatawan. Sayangnya mbak Wati tidak bisa jika menginap karena esok pagi harus segera pulang ke Lombok. Batal deh ke Pulau Moyo… :(

Sumber : pulaumoyo.com

Sumber : pulaumoyo.com

2. Pantai Kencana

Jarak tempuh dari kota Sumbawa Besar ke pantai ini hanya + 15 menit saja. Jika kamu datang dari arah Sumbawa Besar, ikuti saja jalan provinsi ke arah Pelabuhan Poto Tano. Gerbang masuk ke pantai ini terletak di sebelah kanan jalan, + 500 m ke arah barat dari Pelabuhan Badas. Di gerbangnya terdapat tulisan Hotel Pantai Kencana. Pantai ini memang termasuk dalam kawasan hotel. Tiket masuknya Rp. 2.000/orang, dan Rp.1.000 untuk parkir motor. Di pinggir pantai ini terdapat beberapa bungalow dan restaurant. Tapi saat itu entah kenapa suasananya sepi sekali, seperti tidak ada yang menginap. Mungkin karena weekday dan bukan musim liburan.

Menurut saya, pantai ini not so special. Tapi lumayan lah, karena pasirnya bersih, tidak ada sampah, dan airnya cukup biru.

3. Pantai Ai Loang (Tanjung Menangis)

Pantai ini terletak di Ds. Penjaring, Kec. Moyo Utara. Kami harus menempuh sekitar 45 menit – 1 jam untuk mencapai pantai ini dari kota Sumbawa Besar. Kami yang buta arah hanya mengandalkan GPS manual berupa penduduk setempat. Dari jalan besar, kita akan menemui gapura Ds. Penjaring dan petunjuk arah menuju Pantai Ai Loang. Dari gapura tersebut, kami harus menempuh jarak 17 km melalui jalan aspal rusak yang lumayan menguras tenaga. Di sepanjang 17 km tersebut, terdapat beberapa papan petunjuk arah lainnya.

Pantai Ai Loang termasuk dalam kawasan hotel yang sedang dalam proses pembangunan. Fasilitas pantai ini banyak, lengkap, dan yang penting, bersih! Banyak gazebo di pinggir pantai sebagai tempat bersantai dan beristirahat. Ada pancuran air untuk tempat mandi, playground, beberapa kios makan, mushola, serta tempat penyewaan sepeda air, pelampung, dll. Pantainya juga bersih, airnya pun biru. Okelah untuk sekedar melepas penat di saat weekend. :)

Well, sejauh ini kedua pantai itu yang paling oke di antara pantai-pantai lain di Sumbawa Besar. Enggak terlalu worth it buat jauh-jauh dikunjungi. Tapi kalau kebetulan sedang berada di Sumbawa Besar, pantai-pantai itu bisa jadi pilihan yang oke untuk berwisata ;)

Baca juga :

11 thoughts on “3 Destinasi Pantai di Sumbawa Besar

  1. kok ga worthy buat dikunjungi mba? dari fotonya yg mba post bagus bagus tuh hehe jadi pengen ke sana

  2. kalo ke sumbawa seharsnya ke pulau moyo, dsana ada “air terjun mata jitu yg harus bgt di kunjungi, kalau masalah pantai sy sendiri sebgai orng sumbawa besar emang mengakui kalo pantainya biasa biasa saja, makanya kalau pengen lihat pantai yang bagus, pilihan yg tepat seharusnya ke sumbawa barat, taliang skongkang, dan SP2

    • benar, sy tau pantai labun sumbawa_tj menangis agak kotor karena berhubungan dg muara sungai brangbiji, tp hal pasir putih tak jauh beda dg pantai di talonang, .

  3. kapan2 kalau ke sumbawa lagi mba mampir dipantai maluk dan jelenga diSumbawa barat,,,itu baru namanya obyek wisata yg mantab,,,hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s