Paduan Savanna dan Birunya Laut Pulau Kenawa

Saat pertama kali melihat foto pulau ini di internet, saya langsung tergoda akan perairannya yang biru serta hamparan padang rumputnya. Dan bertekad harus datang ke sana apabila sedang berada di Sumbawa. Well, itulah yang saya lakukan dalam perjalanan dari Sumbawa menuju Lombok. Mampir dahulu untuk melihat birunya Pulau Kenawa.

Pulau Kenawa ini terletak di Sumbawa Barat, berada di utara Pelabuhan Poto Tano, yaitu pelabuhan yang melayani penyeberangan ferry Sumbawa – Lombok dan sebaliknya. Jangan salah masuk hingga ke dalam pelabuhan, karena dermaga untuk menuju Pulau Kenawa letaknya sekitar 200 m sebelum gerbang masuk ke pelabuhan Poto Tano.

Pelabuhan Poto Tano

Dermaga menuju Pulau Kenawa

Dermaga menuju Pulau Kenawa ditandai dengan adanya gerbang Kawasan Wisata Bahari Pulau Kenawa. Di sekitarnya terdapat perkampungan penduduk setempat. Saat itu saya dan teman seperjalanan saya, Mbak Wati, langsung menemui nelayan yang saat itu berada di sekitar dermaga. Tarif normal menuju Pulau Kenawa adalah Rp. 20.000/orang PP, yang berlaku untuk perahu yang memuat sekitar 10 orang. Karena saat itu kami hanya berdua, otomatis kami harus menawar agar harganya tidak terlalu mahal. Akhirnya kami harus sepakat dengan harga Rp. 50.000/orang PP. Hiks, mahal. Tapi enggak papa deh, demi ngeliat Kenawa…

Cukup menyeberang 15 menit untuk sampai ke Pulau Kenawa. Karena saat itu weekday, pengunjung pulau itu hanya kami berdua. Dan saat mendekati pulau..wow, lihat airnya…biruuu!

Pulau kecil ini tidak berpenduduk. Di pulau ini terdapat sebuah bukit yang tidak terlalu tinggi dan dapat dinaiki. Karena saat itu sedang musim kemarau, pulau ini terlihat seperti savanna dengan padang rumput yang menguning. Saat musim penghujan tiba dan rumputnya menghijau, mungkin pulau ini akan bagus sekali. Perairan Pulau Kenawa ini biru dan jernih. Underwater-nya pun katanya sih bagus. Namun saat itu kami berdua sedang malas berenang. Hehe.

Di pulau cantik yang belum banyak dikenal orang ini hanya tersedia beberapa gazebo dan dua buah toilet yang tidak ada airnya dan jorok sekali! Sampah-sampah pun banyak bertebaran di sekitar gazebo. Sayang sekali, kecantikannya harus “ternodai” oleh kurangnya fasilitas kebersihan, serta wisatawan yang tidak well educated. Pulau ini sebenarnya oke untuk dibuat nge-camp. Tapi gak asik juga kan kalau kotor dan tidak ada air bersih…

Well, semoga ke depannya pulau ini bisa dilengkapi dan dikelola dengan lebih baik. Sayang kan kalau yang cantik begini tidak terawat dan tidak diketahui banyak orang? :)

Baca juga :

6 thoughts on “Paduan Savanna dan Birunya Laut Pulau Kenawa

  1. Pingback: Sumbawa! Surfers and Hikers Paradise – LIVING THE YASS LIFE

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s