Kembali ke Lombok

Yak, kembali lagi ke Lombok! Lombok menjadi perhentian terakhir dalam perjalanan 14 hari yang saya lakukan. Saya sebenarnya punya cukup banyak waktu untuk mengunjungi tempat-tempat yang belum sempat dikunjungi bulan Juli 2012 kemarin, yaitu 4 hari 3 malam. Sayangnya karena weekday, jarang teman yang bisa menemani saya berkeliling Lombok. Akhirnya hanya sedikit tempat yang bisa saya datangi kali ini. Dengan ditemani mbak Wati dan membolang sendirian bermodalkan Google Maps (hiks…), inilah tempat-tempat yang saya datangi :

Pantai Elak-Elak dan Gili Penyu

Pantai ini terletak di Kec. Sekotong Barat, Lombok Barat. Jaraknya sekitar 1.5 jam dari kota Mataram. Jika datang dari arah Mataram, pantai ini letaknya sesudah dermaga Tawun (dermaga penyeberangan ke Gili Nanggu), dan tidak jauh dari Hotel Sundancer. Dari kejauhan, pantai ini seperti tanjung yang menjorok ke arah lautan. Sayangnya tidak ada papan petunjuk yang menunjukkan keberadaan pantai ini.

Di utara pantai Elak-Elak ada sebuah gili yang bentuknya mirip dengan penyu. Oleh karena itu gili ini dinamakan Gili Penyu. Gili ini jaraknya dekat sekali dari pantai Elak-Elak. Jika air laut sedang surut, kita bisa menyeberang ke Gili Penyu hanya dengan berjalan kaki.

Gili Penyu

Ada dua Gili lain yang terlihat dari pantai Elak-Elak, yaitu Gili Genting dan Gili Poh. Harus menggunakan kapal atau perahu untuk mencapai gili-gili ini. Deretan Gili Nanggu, Gili Tangkong, dan Gili Sudak juga terlihat di kejauhan.

Gili Genting at the background

Pantai Mekaki

Pantai Mekaki merupakan pantai selatan yang berombak besar. Lokasinya berada di Ds. Pelangan, Kec. Sekotong Barat, Lombok Barat. Dari Pantai Elak-Elak, terus saja ke arah barat hingga menemukan pasar dengan pertigaan dan petunjuk arah. Pantai Mekaki ke arah kanan dari pertigaan tersebut. Untuk mencapai pantai ini kita harus melewati perbukitan dengan jalan yang berkelok-kelok dan naik turun. Tapi tidak perlu khawatir, karena jalannya mulus dan bagus! Mendekati Pantai Mekaki, jangan lupa untuk berfoto di tengah jalan dengan view Pantai Mekaki dari atas bukit.

Karena letaknya yang cukup jauh dari Mataram, keadaan pantai ini sepi sekali. Saat itu hanya saya dan mbak Wati yang datang ke sana. Serasa pantai pribadi sekalii… Oiya, jangan sekali-sekali berenang di pantai ini ya kalau tidak mau hanyut terbawa ombak!

Gili Sudak

Gili ini sudah pernah saya ceritakan di postingan Lombok Bukan Cabe, deh… (Part 2). Meskipun sudah pernah ke sana, entah kenapa saya tidak pernah bosan datang ke Gili ini. Mungkin karena tempatnya yang sepi. Cocok sekali untuk bermalas-malasan di kursi pantai sambil memandang laut yang biru, dinaungi pepohonan dan dibelai angin yang bertiup sepoi-sepoi. What a paradise on earth!

Cukup dengan membayar Rp. 10.000/orang, kami sampai ke Gili ini dengan diantarkan oleh Pak Sahar, yaitu nelayan setempat. Ingin menginap di Gili ini? Bisa! Ada rumah pinggir pantai yang bisa dipakai oleh siapa saja dengan gratis! Di dalam rumah ini tidak terdapat perabot sama sekali. Jadi bawalah tikar atau sleeping bag jika ingin menginap. Lapar dan tidak membawa makanan? Jangan khawatir, karena ada bangunan seperti rumah makan yang dikelola oleh penduduk setempat. Kita bisa memesan ikan bakar, nasi goreng, atau sekedar teh untuk menghangatkan badan sehabis snorkeling. Cuman, harganya agak mahal untuk kantong backpacker kayak saya. Hiks.

Rumah yang dapat dipakai untuk menginap

Mau snorkeling di Gili ini juga bisa. Karangnya memang tidak terlalu bagus, tapi ikan-ikannya banyak sekali! Hanya sekitar 5 m dari pantai kita sudah dapat melihat ikan-ikan yang berwarna-warni berenang kesana-kemari. Tanpa perlu snorkeling pun kita sudah dapat melihat ikan-ikan ini dari permukaan laut.

IMG_1721

Bukit Nipah

Bukit Nipah adalah satu tempat favorit saya di Lombok yang kali ini saya datangi lagi. Tempat ini juga pernah saya ceritakan di postingan Lombok Bukan Cabe, deh… (Part 2). Pemandangan dari bukit ini baguuuss sekali. Susah rasanya untuk tidak jatuh cinta dengan tempat ini. Bukit Nipah paling cocok dikunjungi saat siang hari karena warna airnya bagus sekali saat terkena sinar matahari. Di bukit ini disediakan beberapa tempat duduk dari kayu dan bambu untuk menikmati pemandangan Pantai Nipah sambil makan ikan bakar yang disediakan oleh warung setempat.

Tersedia beberapa tempat duduk dan warung dengan menu ikan bakar

Pantai Nipah

Loang Baloq

Tempat yang terakhir ini bukan pantai, melainkan sebuah taman kota yang dengan view pantai. Taman ini merupakan salah satu tempat gaul dan nongkrongnya anak muda Mataram. Fasilitas di sini cukup lengkap. Di tengah taman ada danau buatan dengan bebek-bebekan yang bisa disewa, ada jalur dengan batu-batu kecil untuk refleksi kaki, ada playground, ada mushola dan toilet yang bersih, serta pedagang makanan. Keadaan tamannya pun bersih. Jika sore hari, kita dapat sekedar duduk-duduk sambil pacaran *eh* dan memandang matahari yang terbenam.

Fathima yang berjasa menampung saya kali ini

Sunset di Loang Baloq

Lompatan sunset, by Duta Here

Pulau Lombok menjadi penutup manis perjalanan 14 hari saya kali ini. Teman-teman yang baik, pantai-pantai yang cantik, dan makanan yang pedas, membuat saya selalu ingin kembali ke Lombok. :)

(Dalam rangkaian 14 Days Trip : Bali – Labuan Bajo – Komodo National Park – Sumbawa – Lombok)

Trip Lombok 3 hari 2 malam hanya 975 ribu/pax bareng Berangan Trip. Cek detailnya di http://wp.me/p3FEJm-7w

3 thoughts on “Kembali ke Lombok

  1. lombok adalah tempat terindah,surga di dunia, sebulan hidup di loang baloq mempunyai makna tersendiri,kami hiasi lorong dengan lampu taman,ka bersihkan sampah,tolong jaga loang baloq ku,tingkatkan kebersihan.jagung bakar manis,sate bulayak,nanti aku akan datang kembali,mataram

  2. Asik…., ikut menikmati perjalananx tp sayang tidak disertai lokasi tepatx sama akomodasi menuju lokasi,… slmt mnikmati Lombok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s