Wisata Belanja di Kuala Lumpur

12 Oktober 2012. Kuala Lumpur hari kedua…

Pagi ini kami berempat akan menuju ke Melaka. Melaka adalah salah satu provinsi di Malaysia. Cerita selengkapnya tentang Melaka ada di postingan Melaka City, One of UNESCO’s World Heritage City.

Siang harinya kami kembali ke Kuala Lumpur, dan tiba di KL Sentral sekitar pukul 17.00. Dan…tema perjalanan setelah ini adalah wisata belanja alias SHOPPING!

Wisata belanja murah di Kuala Lumpur ada di sekitar Jalan Tun Tan Cheng Lock dan Jalan Petaling. Kedua jalan ini letaknya berdekatan dan selalu menjadi jujukan turis yang membeli suvenir atau oleh-oleh dengan harga terjangkau. Dari KL Sentral, kami naik monorail jurusan stasiun Pasar Seni. Ada 3 tempat yang kami datangi, yaitu :

Central Market

Central Market yang berdiri sejak 1888, awalnya adalah pasar tradisional yang menjual ikan, daging, dan sayuran. Seiring berjalannya waktu, pasar ini berkembang menjadi sebuah pasar seni dan budaya yang menjual berbagai suvenir dan kerajinan khas Malaysia. Tidak hanya itu, di Central Market ini setiap harinya diadakan pertunjukan seni gratis dan banyak event budaya lainnya. Central Market kini menjadi salah satu landmark dari kesenian dan kebudayaan Malaysia. Lokasinya terletak sekitar 5 menit berjalan kaki dari stasiun monorail Pasar Seni, yaitu di Jalan Tun Tan Cheng Lock, Kuala Lumpur.

Interior Central Market ini sangat menarik, karena ditata sangat tradisional dengan berbagai tema di setiap lorongnya. Macam-macam temanya, seperti Malay Street, Straits Chinese, Little India, dll. Sangat nyaman berbelanja di sini karena bersih, rapi, adem pula. Namun dari segi harga memang agak mahal. Jam operasionalnya adalah pukul 10.00 – 22.00.

Kasturi Walk

Kasturi Walk adalah Jalan Hang Kasturi yang disulap menjadi pedestrian walkway yang diberi atap ringan. Walkway ini terdapat persis di sebelah Central Market. Kasturi Walk terdiri dari deretan stan dan kios yang menjual berbagai suvenir dan kerajinan, serta makanan dan jajanan khas Malaysia. Jam operasionalnya adalah pukul 10.30 – 22.30.

Petaling Street (Chinatown)

Petaling Street dapat dicapai dengan berjalan kaki sekitar 5 menit dari Central Market. Di dalamnya banyak sekali pedagang kaki lima yang menjual pakaian dan aksesoris-aksesoris murah, serta suvenir dan oleh-oleh yang harganya bisa 50% lebih murah dari harga yang ada di Central Market. Harga di sini bukan harga pas, jadi pandai-pandailah menawar. Selain itu Petaling Street juga menawarkan berbagai makanan dan jajanan khas Malaysia.

Dan..dari ketiga tempat di atas, saya sama sekali tidak membeli apapun, sodara-sodara! Padahal Ajeng, Arum, dan Heny sudah menenteng banyak tas belanjaan berisi coklat, gantungan kunci, suvenir, dll. Bangga juga sih, bisa menahan hasrat untuk menghambur-hamburkan duit #eaaa #padahalbokek.

Baca juga :

2 thoughts on “Wisata Belanja di Kuala Lumpur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s