Gili Ketapang Ini Sebenarnya Bagus, Tapi…

“Tapi apa, kak?? Tapi apaaaa???!!” ………… “Sabar, kak. Dibaca dulu sampe habis, ya… :D ”  ………..

Pernah liat kambing makan bungkus rokok? Belum pernah? Saya donk, pernah liat. Fenomena langka ini *halah* terjadi di sebuah pulau yang bernama Gili Ketapang. Di Lombok? Oh, no no no, bukan. Gak cuma Lombok yang menamakan pulau-pulau kecilnya sebagai “Gili”. Di Probolinggo, Jawa Timur pun juga.

Jadii…pulau kecil yang terletak di utara Kabupaten Probolinggo ini bisa dicapai dengan menyeberang selama sekitar 40 menit dari Pelabuhan Tanjung Tembaga. Pelabuhan ini letaknya sekitar 15 menit dari kota Probolinggo, yaitu di Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. Tarif penyeberangan sekali jalan Rp. 4.000/orang. Kapal umum yang digunakan untuk menyeberang ini hanya mau berangkat apabila kapalnya sudah penuh. Kapal bisa memuat sekitar 30-an orang.

Pelabuhan Tanjung Tembaga

Sesampainya di dermaga Gili Ketapang, saya terkagum-kagum karena airnya yang jernih banget! Dasar lautnya kelihatan jelas sekali dari permukaan. Meskipun tidak ada terumbu karangnya, namun ikan-ikan yang berenang di dekat dermaga ini banyak lho. Wow, padahal ini baru dermaga, yang notabene tempat hilir mudiknya kapal dan biasanya kotor, eh ini malah jernih dan banyak ikannya.

Kapal-kapal di dermaga Gili Ketapang

Airnya jernih banget!

Ikan-ikan kecil berenang di dekat dermaga

Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Luas wilayahnya sekitar 68 ha, dan jumlah penduduknya 7.600 jiwa (2004), yang sebagian besar adalah Suku Madura dan bermata pencaharian sebagai nelayan (sumber : Wikipedia).

Karena jumlah penduduknya yang begitu banyak, menjadikan pulau ini padat sekali. Rumah-rumah di sana berjubel dan bersesakan, menciptakan gang-gang sempit di antaranya. Suasananya juga terlalu ramai. Duh, enggak nyaman deh pokoknya.

Dan seperti yang saya bilang di awal tadi tentang kambing, memang di pulau ini banyaakk sekali kambing milik warga yang dilepas begitu saja dan berkeliaran di sekitar pulau. Karena keliaran, otomatis kotoran kambing-kambing ini mengotori jalan-jalan di pulau. Daann…beberapa yang saya temui, kambing-kambing ini tidak makan rumput, melainkan makan sampah! Yes, sampah, karena di pinggir pantai pulau ini banyak sekali sampah-sampah yang bertebaran. Dan di sana kayaknya enggak ada rumput deh, karena Gili Ketapang memang merupakan pulau karang yang gersang dan minim vegetasi. Makanya sampai ada kambing yang makan bungkus rokok. Saya gak punya fotonya sih, tapi serius deh saya gak bohong. Kasian ya kambingnya… :(

Si mbek ngeksis

Salah satu tempat yang terkenal di sana itu namanya Goa Kucing. Berupa sebuah bangunan seperti rumah yang terdapat goa di dalamnya. Tempat ini adalah petilasan dan pemakaman Syeh Maulana Ishaq. Biasanya Goa Kucing dikunjungi oleh para peziarah yang ingin mendapatkan berkah. Karena ‘hawanya’ yang agak kurang enak, saya jelas enggak betah berlama-lama di kompleks Goa Kucing ini.

Di dekat Goa Kucing, ada pantai yang bibir pantainya berupa hamparan batu karang. Meskipun terdiri dari hamparan batu karang, perairan pantainya cukup bagus lho karena berwarna biru dan jernih. Di dekat pantai ini ada tanah kosong dengan deretan pohon yang sedang meranggas, yang cukup oke untuk tempat foto-foto :D

Pantai karang

Meskipun banyak karang tapi airnya biru!

Jadi, kalau meneruskan kalimat judul, Gili Ketapang ini sebenarnya bagus (perairannya), tapi kotor, banyak sampah, banyak kambing, gersang, panas, dan padat penduduk!

Gili Ketapang ini memang bukan pulau wisata sih. Enggak ada fasilitas yang mendukung tempat ini sebagai tempat wisata, seperti misalnya penginapan, rumah makan/cafe/restaurant, tempat persewaan alat snorkeling, dll. Tapi jika ingin menginap, bisa kok meminta izin ke penduduk sekitar. Rombongan saya saja sempat dihampiri seorang bapak penduduk setempat yang menawarkan kami untuk singgah sebentar di rumahnya dan menginap jika kami kembali ke sana di lain waktu.

Oya, ada satu sisi Gili Ketapang yang belum sempat saya datangi karena waktu yang terbatas, yaitu di sisi baratnya. Penasaran sih, karena dari kejauhan pantai ini terlihat bagus dengan airnya yang biru dan pasirnya yang putih. Dan satu lagi yang belum saya coba di sana adalah… melihat alam bawah lautnya! Ada yang mau mencoba dan menceritakan kepada saya mungkin? :)

16 thoughts on “Gili Ketapang Ini Sebenarnya Bagus, Tapi…

  1. Wah….jernih banget air laut Gili Ketapang nya… Musti kesini nih tahun depan :-D
    Sampah selalu jadi masalah di semua wisata Indonesia ya…sayang banget gak ada kesadaran dari penduduk setempat…

  2. Eh,,iya sekalian mau tanya.
    Kalo ke Gili Labak adakah penginapan disana?
    Kalo gag ada,kira2 bisa nginap di manakah?

    Thankyu :)

  3. hi!
    ulasan menarik tentang gili ketapang. mungkin saat ini biaya menyebrang naik ya.
    apakah pernah coba menginap di penduduk setempat? apakah mereka memasang “tarif” ?

    thanks

    • Setelah 2x kali kenaikan harga BBM, kemungkinan besar sih biaya menyeberang juga naik :)
      Belum pernah menginap di penduduk setempat. Pulaunya juga tidak terlalu menarik untuk diinapi menurut saya. Kalau menginap pun rasanya mereka enggak akan memasang tarif ya…karena bukan penginapan.

  4. Gili Ketapang ini adalah pulau mengambang… dan bergeser 2 meter ke arah utara…..Gili sendiri artinya ‘hanyut’ dan Ketapang adalah nama Desa kampung dimana sebelumnya pulau ini menempel di pulau Jawa….. saya pernah tinggal 8 tahun di kota Probolinggo…….. dan menyaksikan sendiri pergeserannya sepanjang tahun…..

  5. bawah lautnya lumayan,terumbu karang masih alami dan ikan masih banyak, cuma sayang sekali tidak ada penyuluhan atau kesadaran penduduk untuk tidak merusak terumbu karang, karena waktu saya survey snorkling disana banyak terumbu karang yang diinjak demi mendapatkan foto yang bagus dengan iakn nemo :(

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s