[EnjoyJakarta] Jakarta, Gudangnya Mall-Mall Keren

Beberapa kali datang ke Jakarta, saya selalu enggak sempat jalan-jalan di mall-nya. Memang saat itu sudah ada jadwal lain, dan saya sendiri bukan orang yang doyan nge-mall. Padahal kalo ke Jakarta itu ya wisata mall, karena Jakarta adalah kota dengan jumlah mall terbanyak di dunia. Tapi saat Studi Ekskursi angkatan jurusan saya di tahun 2010, akhirnya beberapa mall di Jakarta ini terjamah juga. Saya jurusan Arsitektur di ITS, jadi ya memang studi ekskursinya datang ke bangunan-bangunan yang arsitekturnya keren.

Dari sekitar 60 lebih mall di Jakarta (What?! 60 mall??), saat itu saya hanya sempat datang ke 2 mall di Jakarta, yaitu Grand Indonesia Shopping Mall dan fX lifestyle X’enter. Dan memang kedua mall ini keren banget!

Grand Indonesia Shopping Mall

Asli, saya agak minder waktu masuk mall ini. Dandanan gak modis, kucel pula, karena belum mandi dan jalan seharian. Enggak tau deh, ini saya yang ndeso apa gimana, tapi menurut saya “aura” mall ini mewah sekali. Mulai dari penataan interior dan lighting-nya, hingga deretan gerai eksklusif yang harganya tidak terjangkau kantong saya. Udah gitu mall-nya gedee lagi. Yang baru pertama kali ke sini bisa saja tersesat di dalamnya dan muncul di belahan lain Jakarta #lebay.

Salah satu yang keren di Grand Indonesia Shopping Mall ini adalah foodcourt-nya. Foodcourt yang bernama Food Loüver ini berkonsep “Crossroads The World” (Persimpangan Dunia). Interiornya meniru beberapa ikon dan arsitektur khas beberapa negara Eropa, Cina, dan Melayu.

Selain itu, di mall ini juga terdapat “Magic Fountain Show”, yaitu pertunjukan air mancur menari yang diiringi musik dan permainan lighting. Bioskop di mall ini pun gak kalah kerennya. Blitz Megaplex, salah satu bioskop terbesar di Jakarta ini mempunyai interior serba merah putih, banyak studio, dan ruang tunggu yang nyaman.

Grand Indonesia Shopping Mall yang berada dalam kompleks Grand Indonesia Shopping Town ini terletak di depan Bundaran HI. Karena letaknya yang strategis dan berada di pusat kota ini lah menyebabkan mall ini menjadi salah satu shopping landmark di Jakarta.

fX lifestyle X’enter

Mall ini interiornya menyenangkan dan playful. Saya sampe mikir, ini niat bener yang bikin desain interiornya. Soalnya tiap lantai dan tiap sudut didesain unik dan berbeda-beda. Mall ini menggabungkan kebutuhan akan shopping center, leisure, dan business.

Interior fX

Salah satu ikon di mall ini adalah Atmosfear, sebuah indoor slider pertama dan satu-satunya di Indonesia dengan ketinggian + 20 m. Starting point slider ini ada di lantai 7 dan mendarat di lantai 3. Sayang waktu itu saya enggak sempat nyoba karena sudah terlanjur pusing duluan liat ketinggiannya.

Atmosfear

Ada pula fPod, yaitu sebuah business centre yang mengakomodasi kebutuhan para executive dan professional yang dinamis dan bermobilitas tinggi. Tempat ini biasanya digunakan sebagai tempat meeting atau gathering. Fasilitas lengkap disediakan di dalam tiap pod-nya, yaitu jaringan internet, televisi, fax & printing, serta food & beverage. fPod ini unik karena bentuknya yang seperti kepompong bergelantungan di plafond.

fPod

Untuk shopping areanya, salah satu yang unik adalah Mazee. Mazee yang berarti labirin, adalah koridor dengan kumpulan tenant berisikan barang-barang fashion dan aksesoris. Tenant-tenant ini ditata sedemikian rupa, sehingga unik dan atraktif. Interiornya memakai benda-benda recycle dan berkesan rustic sebagai ornamen, seperti kontainer, box kayu palet, tali tambang, karung goni, rooster, dan tong minyak. Tempat ini mencerminkan jiwa muda yang atraktif dan kreatif. Sangat cocok untuk pecinta fashion dan seni.

Beberapa bulan yang lalu, saya sempat jalan-jalan ke beberapa mall di negara tetangga, yaitu Singapura dan Malaysia. Interior mall paling nge-hits di kedua negara ini menurut saya masih kalah keren lho jika dibandingkan dengan kedua mall yang saya sebutkan tadi. Bahkan bule-bule pun terkagum-kagum akan ke-keren-an mall-mall di Jakarta yang lebih keren daripada mall-mall di negaranya.

Berada di kedua mall ini bisa dijamin lupa waktu. Pecinta brand-brand eksklusif pasti doyan berbelanja di Grand Indonesia Shopping Mall; sedangkan anak muda yang menyukai barang-barang unik dan berseni, pasti betah berada di fX lifestyle X’enter. Enjoy Jakarta! :)

2 thoughts on “[EnjoyJakarta] Jakarta, Gudangnya Mall-Mall Keren

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s