Wisata Taman Kota Surabaya : Taman Ekspresi

Pengen berwisata ke luar kota tapi lagi bokek? Wisata dalam kota saja. Dekat dan murah. Wisata kota sendiri juga asik kok. Misalnya di dalam kota kita hanya terbiasa jalan-jalan di mall, sekali-sekali kita juga perlu mencoba jalan-jalan ke tempat lain yang dipunyai kota kita, misalnya museum, taman kota, pelabuhan, dll.

Beruntungnya Surabaya punya beberapa tempat asik di dalam kotanya yang sayang untuk dilewatkan. Kota metropolis kedua di Indonesia ini tidak hanya punya banyak mall. Ada banyak museum, kota tua, taman kota, dll. Sejak Ibu Tri Rismaharini menjabat sebagai walikota, pembangunan fasilitas umum, khususnya taman kota Surabaya terus digalakkan. Banyak taman-taman baru yang bermunculan dan menjadi salah satu daya tarik Surabaya, sehingga Surabaya dianugerahi penghargaan Taman Kota Terbaik se Indonesia. Penghargaan ini menjadi pelengkap Piala Adipura Kencana yang diraih Surabaya tahun 2012 ini.

Salah satunya adalah Taman Ekspresi yang kali ini saya datangi. Taman Ekspresi memang belum terkenal seperti Taman Bungkul. Orang-orang pasti pada awalnya akan bertanya-tanya, “Di mana itu Taman Ekspresi?”. Meskipun belum terkenal, tetapi taman ini tidak kalah bagus dari Taman Bungkul. Bahkan lebih bagus kalau menurut saya.

Taman Ekspresi

Taman Ekspresi terletak di Jalan Genteng Kali, Surabaya; persis di depan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Ajakan dari seorang teman yang bilang, “Ayo ke Taman Ekspresi. Bagus buat foto-foto. Sekalian aku mau survey landscape“, membawa saya ke taman ini. Letak Taman Ekspresi ini ada di belakang beberapa bangunan, sehingga pandangan dari jalan raya ke arah taman ini memang agak terhalang. Karena letaknya yang agak tersembunyi itulah yang membuat saya tidak pernah mengira jika di tempat tersebut ada sebuah taman.

Parkir motor taman ini ada di pinggir jalan raya. Begitu memasuki taman, kita akan disambut sebuah instalasi seni berupa makhluk dalam posisi duduk di atas rumput. Dari arah jalan raya, taman ini memang terlihat kecil karena sebagian besar tertutup oleh bangunan. Tapi begitu saya masuk lebih dalam ke arah taman, saya seperti menemukan oase di tengah-tengah panasnya kota Surabaya. Bagus banget!

Taman Ekspresi mempunyai view ke arah Kalimas karena tepat berada di samping sungai tersebut. Kegiatan ngadem di bawah pohon rindang, bercengkrama bersama teman atau pacar sambil menikmati pemandangan Kalimas adalah kegiatan yang dilakukan mayoritas pengunjung taman. Banyaknya pepohonan serta tata landscape-nya yang apik dan bersih, membuat siapapun akan betah berlama-lama di taman ini. Kebersihan taman pun terjaga karena tempat sampah disediakan di tiap sudutnya.

Narsis dikit yak :p

Sesuai dengan namanya, Taman Ekspresi dibuat untuk meng”ekspresi”kan karya seni. Tak heran di sepanjang taman ini dapat dijumpai banyak instalasi seni terbuat dari material bekas yang didaur ulang dan dimodifikasi, seperti besi bekas, sepeda bekas, vespa bekas, roda bekas, dll. Bentuknya sangat kreatif dan keren, serta bikin taman ini jadi lebih hidup. Dua jempol buat para senimannya.

Dari vespa bekas

Roda sepeda yang dimodifikasi

Entah apa ini, yang jelas dari bahan recycle :D

Vespa bekas diwarnai kuning. Lucuu!

Dari besi bekas nih

Selain instalasi-instalasi seni keren tadi, banyak bangku taman dari beton berbentuk kotak berwarna-warni yang tersebar di area taman. Ada juga bangku taman yang berbentuk huruf a, i, u, e, o. Lucu deh pokoknya :D

Bench warna-warni

Fasilitas lain di taman ini adalah perpustakaan, wi-fi, toilet, playground, jalur refleksi kaki, dan parkir sepeda. Ada juga pelataran berbentuk bulat, semacam plaza, yang bisa digunakan untuk mengadakan pertunjukan kecil-kecilan, atau berkumpul bersama komunitas.

Perpustakaan

Seluncuran

Ayunan

Parkir sepeda

Plaza

Oya, bangunan-bangunan yang menutupi bagian depan taman justru berfungsi sebagai barrier, sehingga bising dan polusi kendaraan tidak mengganggu keadaan taman. Mau gak mau saya langsung jatuh cinta sama taman ini. Tata landscape yang bagus, pohon rindang, fasilitas lengkap, bersih, bisa sambil menikmati karya seni pula. Sungguh tempat yang fresh untuk sejenak melepas kepenatan akan hiruk-pikuknya kota Surabaya.

Yuk, main-main ke taman kota! :D

Masuk majalah nih. Hehe.

Masuk majalah nih. Hehe.

Baca juga :

8 thoughts on “Wisata Taman Kota Surabaya : Taman Ekspresi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s