When to Buy Airline Tickets?

Tahukah, kawan? Maskapai biasanya memiliki 10 harga berbeda dalam satu kali penerbangan pada satu pesawat. Mengetahui kapan waktu yang tepat untuk membeli adalah kunci untuk mendapatkan tiket pesawat murah. Bagi para budget traveler, tentunya tiket murah sangat penting donk ya.. :D

Situs farecompare.com telah melakukan penelitian tentang kapankah waktu terbaik untuk membeli tiket pesawat murah. So…cekidot beberapa tips yang dikutip dari situs tersebut :

1. Maskapai mulai menawarkan tiket murah sekitar 3 – 4 bulan sebelum keberangkatan, dan jika kita membeli lebih awal dari itu, kemungkinan besar kita akan membayar terlalu mahal. Jangan membeli terlalu awal, tetapi juga jangan terlalu terlambat. Idealnya, beli lah sekitar 2 bulan sebelum tanggal keberangkatan.

(Note : teman saya yang bekerja di maskapai juga meng-iya-kan poin ini)

2. Harga tiket pesawat dapat meningkat secara drastis dalam waktu 14 hari sebelum tanggal keberangkatan. Hal ini untuk mengambil keuntungan dari last-minutebusiness-traveler yang sering harus tiba-tiba bepergian, dan bersedia membayar harga yang lebih tinggi. Jadi, belilah tiket pesawat paling lambat 14 hari sebelum tanggal keberangkatan.

3. Hari-hari termurah untuk bepergian adalah hari yang paling tidak populer untuk terbang, yaitu Selasa, Rabu dan Sabtu. Pasar menunjukkan bahwa selama pertengahan minggu, maskapai penerbangan menawarkan harga terendah mereka, yang menunjukkan peningkatan harga pada akhir pekan. Kebanyakan orang ingin menghabiskan waktu sebanyak mungkin untuk berlibur. Mungkin itulah sebabnya penerbangan pada hari Jumat dan Minggu sangat populer. Maskapai mematok biaya lebih tinggi pada hari-hari tersebut.

(Note : kalo kata AirAsia, ciptakan waktu penerbanganmu sendiri. Hindari weekend, apalagi long weekend!)

4. Belilah tiket pesawat domestik pada hari Selasa pukul 03.00 pm.
Menurut database FareCompare tentang tiket pesawat, tren harga tiket pesawat menunjukkan hari terbaik untuk berbelanja adalah hari Selasa. Berikut ini alasannya:

  • Sebuah maskapai penerbangan biasanya akan memulai sale tiket pesawat pada Senin malam,
  • Kemudian saling berkompetisi harga antar maskapai,
  • Pencocokan harga biasanya selesai pada hari Selasa sore,
  • Tiket pesawat yang baru didiskon akan masuk dalam sistem reservasi pada pukul 03.00 pm.

5. Ambil penerbangan pertama. Penerbangan paling murah adalah penerbangan pertama di pagi hari, yang mengharuskan kita bangun di pagi buta. Penerbangan termurah selanjutnya adalah pada saat jam makan siang dan pada saat jam makan malam.

(Note : dari pengalaman, penerbangan pertama memang yang paling murah)

6. Sign up ke berbagai maskapai untuk mendapatkan update lewat email untuk promo terbaru mereka. Selain itu, memiliki kartu kredit yang bekerja sama dengan maskapai tertentu akan memberikan keuntungan lebih bagi kita, seperti potongan harga, bagasi gratis, tambahan poin, dll. Akan sangat berguna jika kita sering bepergian dengan satu maskapai tertentu.

(Note : iye banget ini, sign up email emang berguna banget. Apalagi kartu kredit)

Tips-tips di atas tentunya ada yang tidak mutlak, dan tidak berlaku pada saat maskapai sedang mengeluarkan promo yang mengharuskan kita begadang, rebutan dengan ribuan pembeli lainnya, serta membeli jauh-jauh hari sebelumnya (bahkan sampai setahun sebelum tanggal keberangkatan). Tapi enggak ada salahnya kok tips-tips di atas diikuti. Hidup, tiket pesawat murah! :D

2 thoughts on “When to Buy Airline Tickets?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s