Weekend Getaway : Pantai-Pantai di Blitar

“Your country is blessed by beautiful beach like this. In Canada, we can only see it on TV. Now I’m glad I can feel it too!”, kata Alex kepada saya, mengomentari pemandangan pantai di hadapannya. Alex, teman CouchSurfing dari Canada yang baru beberapa jam saya kenal ini sepertinya begitu terkagum-kagum akan keindahan pantai yang kami kunjungi. Mendengar komentar Alex saya cuma bisa cengar-cengir, mengasihani dia, sambil berkata dalam hati, “Pantai di Indonesia yang jauuhh lebih bagus dari ini buanyak, Lex!”

By the way, pantai mana sih yang bikin Alex terkagum-kagum ini?

Perjalanan saya ke Blitar bersama teman-teman CouchSurfing Surabaya, termasuk Alex; membawa kami ke dua pantai yang berada di selatan Blitar. Blitar yang terkenal sebagai kampung halaman Bung Karno ini ternyata memiliki beberapa pantai cantik. Karena letaknya yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sisi selatannya, maka karakter pantai-pantai di Blitar ini sangat menantang akibat ombaknya yang besar. Perjalanan menuju ke setiap pantai pun perlu perjuangan, karena transportasi yang masih minim dan infrastruktur yang kurang memadai.

Pantai pertama yang kami kunjungi adalah Pantai Tambakrejo. Jaraknya sekitar satu jam perjalanan dari pusat kota Blitar, dengan rute Blitar – Kademangan – Gawang – Pasiraman – Tambakrejo. Saat kami sampai di sana, keadaan pantai sangat ramai dengan berbagai aktivitas wisatawan yang berkunjung. Rupanya pantai ini populer bagi masyarakat Blitar, dikarenakan aksesnya yang tergolong mudah.

51

74

Air lautnya ya mayan lah..biru…bersih juga kok. Pasirnya agak kecoklatan. Ombaknya besar, jadi sangat tidak disarankan untuk berenang hingga jauh ke tengah jika Anda tidak mau ‘tinggal nama’ di pantai ini *Astaghfirullah*. Saya sih agak kurang betah berada di pantai ini karena sudah tidak alami dan terlalu ramai. Tidak bisa direnangi pula.

Tambakrejo merupakan salah satu pantai utama di Blitar. Oleh karena itu, infrastruktur dan fasilitas di pantai ini sudah tergolong memadai. Terdapat fasilitas parkir, berbagai warung makan, mushola, pasar ikan, serta toilet. Salah satu daya tarik pantai ini terletak pada aktivitas nelayan dan pasar ikannya. Bahkan setiap tanggal 1 Suro diselenggarakan prosesi Larung Sesaji oleh masyarakat untuk mensyukuri hasil tangkapan selama setahun.

Perjalanan berlanjut ke Pantai Pasetran Gondo Mayit. Meskipun namanya seram, tapi pemandangan pantai ini justru berkebalikan dari namanya. Letaknya berada tepat di sebelah timur Pantai Tambakrejo. Untuk mencapainya, kita cukup berjalan kaki menyeberangi sungai dan bukit di timur Tambakrejo. Jika melalui jalur ini wisatawan tidak perlu berpindah tempat parkir dari Pantai Tambakrejo.

Menyeberangi sungai menggunakan perahu untuk menuju Pasetran Gondo Mayit

Menyeberangi sungai menggunakan perahu untuk menuju Pasetran Gondo Mayit

81

View Pasetran Gondo Mayit dari atas bukit

Spot foto wajib ya di atas bukit ini :D

Spot foto wajib ya di atas bukit ini :D

89

Nah, Pantai Pasetran Gondo Mayit ini lah yang bikin Alex terkagum-kagum. Bayangkan, dia satu-satunya bule di sana, langsung kegirangan, buka baju, dan loncat-loncatan ke air begitu ngeliat ombaknya yang gede. Jadilah dia pusat perhatian orang-orang di sana. Hahaha…

Alex, ceritanya mau surfing

Alex, ceritanya mau surfing tanpa surfboard

Dan yang norak loncat-loncatan gak cuma Alex kok. Yang lain juga. (Iya, saya yang nyuruh mereka loncat-loncat, hihi)

Tampang bahagia Ragil dan Fani yang jarang liat pantai :')

Tampang bahagia Ragil dan Fani yang jarang liat pantai :’)

Jump! Jump!

Jump! Jump!

Pantai Pasetran Gondo Mayit ini masih tergolong sepi. Saat itu agak ramai karena hari minggu, dan imbas dari pengunjung Pantai Tambakrejo, namun masih jauh lebih sepi dari Tambakrejo. Fasilitas yang ada pun masih minim. Hanya ada toilet dan warung semi permanen. Suasanya yang sepi dan minim fasilitas ini justru membuat pantai ini lebih alami daripada pantai di sebelahnya. Air lautnya biru dengan ombak yang cukup besar. Pasirnya pun agak lebih putih daripada pasir Pantai Tambakrejo.

Untuk sekedar weekend getaway, dua pantai di Blitar ini not bad kok! :)

Banner gak boleh lupa!

Kami darii…CouchSurfing Indonesia!!

12 thoughts on “Weekend Getaway : Pantai-Pantai di Blitar

  1. Rupanya Jawa Timur punya pantai-pantai yang jarang diekspos ya…
    Sharing yang pas banget Intan…jadi semangat kliling Jawa Timuran lagi buat hunting pantei hehehe….

  2. pantai tambak sudah pernah beberapa tahun lalu :p tapi gak pernah nulis di blog :D kalau sebelahnya gondo mayit, baru denger hehee. next time pulkam coba ke sana ah,, nice blog, salam kenal dari orang blitar yang lagi ga di blitar :D

  3. wah keren bisa ngajak temen dari kanada ke blitar.. ayo maen ke blitar lagi.. pantai-pantainya masih banyak lho.. banyak yang masih alami n lebih eksotis.. obyek wisata lainnya juga masih banyak :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s