Kisah di Ujung Barat Indonesia

“Halo, namaku Wanda. Aku clownfish yang tinggal di perairan hangat Indonesia, tepatnya di ujung paling barat. Rumahku di sini sangat indah. Airnya biru, jernih, dan hangat. Teman-temanku di sini juga banyak sekali, karena perairan tempat tinggal kami yang bersih dan sehat.”

Halo, namaku Wanda

Halo, aku Wanda. Anemon laut rumahku :)

“Aku sering mencuri dengar pembicaraan manusia-manusia yang berenang dan bermain air di sekitar perairan tempat tinggalku. Dari pembicaraan mereka, aku mendapat banyak hal, dan aku tahu mereka senang dengan keindahan tempat tinggalku ini.”

“Tempat tinggalku namanya Pulau Weh. Menurut para manusia, tempat ini merupakan titik nol kilometer paling barat Indonesia. Pulau ini bisa dicapai dari Banda Aceh dengan menumpang kapal feri. Para manusia yang datang ke sini biasanya ingin menikmati keindahan pantai dan menyelam untuk bertemu dengan aku dan teman-temanku, serta rumah-rumah kami, yaitu terumbu karang dan tanaman-tanaman laut.”

“Ada empat pulau kecil yang mengelilingi Pulau Weh, yaitu Klah, Rubiah, Seulako, dan Rondo. Di antara keempatnya, Rubiah yang paling terkenal karena terumbu karangnya. Untuk mencapai Rubiah, manusia-manusia itu biasanya menyewa kapal nelayan yang bersandar di Pantai Iboih. Pantai Iboih ini pantai yang sangat cantik. Pasirnya putih, dan air lautnya jernih. Di pinggir pantai ada banyak penginapan, dan menjadi favorit karena aksesnya yang dekat menuju Pulau Rubiah.”

“Selain Pantai Iboih, pulau Weh ini dikelilingi banyak pantai cantik lainnya, lho. Ada Pantai Anoi Itam yang berpasir hitam khas pasir vulkanis, Pantai Sumur Tiga dan Pantai Gapang yang berpasir putih, berair biru, dan tersedia fasilitas snorkeling dan diving yang lengkap, termasuk kapal-kapal yang mengantar para diver menuju titik-titik penyelaman. Bahkan di lepas Pantai Gapang ada titik hidrothermal yang menghasilkan gelembung-gelembung air panas di dalam air! Selain itu juga ada Pantai Sabang Fair yang berkarang dan di pinggir pantainya dapat dengan mudah ditemukan macam-macam binatang laut teman-temanku.”

“Sabang? Ya, di Pulau Weh ini terdapat kota yang terkenal di lagu ‘Dari Sabang Sampai Merauke’ itu. Manusia-manusia itu terkadang menyayikan lagu itu di sini. Mungkin mereka bangga karena sudah sampai di ujung paling barat Indonesia. Hihi. Jadi jangan salah ya, Weh itu nama pulaunya, Sabang itu nama kotanya.”

“Oya, di Pulau Weh tidak melulu pantai dan laut lho. Teman-teman primataku kemarin berteriak-teriak di atas pohon, saling bercerita kepada sesama mereka tentang keindahan lain di Pulau Weh. Menurut mereka ada sebuah danau air tawar bernama Aneuk Laot yang dekat dengan kota Sabang, ada air terjun bernama Pria Laot, dan gunung berapi mini yang dinamai Jaboi. Yang jadi favorit manusia-manusia yang berdatangan ke pulau ini tentu saja Tugu Nol Kilometer yang menjadi penanda titik ujung barat Indonesia.”

Tugu Nol Kilometer. Sumber : http://www.panoramio.com/photo/72420494

Tugu Nol Kilometer. Sumber : http://www.panoramio.com/photo/72420494

Peta Pulau Weh. Sumber : piyoh.blogspot.com

Peta Pulau Weh. Sumber : piyoh.blogspot.com

“Yuk, ke sini, hei manusia teman-temanku. Aku senang bertemu kalian, karena kalian juga begitu senang saat bertemu denganku. Aku tidak tahu mendetail tentang Pulau Weh, tapi manusia-manusia itu berkata ada akun twitter @iloveaceh yang berisi berbagai informasi tentang Aceh, termasuk Weh tentunya. Aku tidak begitu paham. Tapi, dengan banyaknya terumbu karang yang tersebar di sekeliling pulau, ikan-ikan yang dengan mudah ditemui, banyaknya spot diving dan snorkeling, pantai-pantai yang cantik dan berpasir putih, tentu sudah menjadi cukup alasan untuk datang ke Pulau Weh.” :)

(Submit for “I Love Aceh Story”)

2 thoughts on “Kisah di Ujung Barat Indonesia

  1. waahh…sampai sabang ya kak…
    dapat no urut berapa di setifikat 0 km nya??
    hehehe….
    sabang keren kan… :D
    .
    salam celoteh backpacker :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s