Apa Kata “Mereka” Tentang Indonesia?

Mereka yang saya maksud di sini adalah warga negara asing. Entah wisatawan, entah yang sudah tinggal beberapa bulan, macam-macam. Well, yang saya tulis di sini memang baru sedikit sekali dan belum bisa mewakili semuanya. Tapi mungkin bisa jadi sedikit masukan untuk pariwisata Indonesia, daann..bikin kita bangga menjadi warga negara Indonesia, karena Indonesia itu indah!

Yeah, Indonesia itu indah. Apalagi pantainya. David dari Polandia, yang bersebelahan kamar dengan saya di hostel saat di Labuan Bajo, saja nge-fans sekali dengan Belitung. Dia sudah pernah ke beberapa negara di Asia dan selalu mencari pantai berpasir putih. Dan menurutnya…Belitung adalah salah satu pantai tercantik di Asia!

Alex, teman CouchSurfing dari Kanada pun bilang,”Your country have so many beautiful beach!” Dia bilang, di Kanada sana, yang namanya pantai itu airnya dingin, jadi ya males banget buat berenang. Pantai-pantai yang berair biru dan hangat cuma bisa dia lihat di TV. Dan, ya, dia girang sekali waktu akhirnya bisa loncat-loncatan main air di Pantai Gondo Mayit, Blitar.

Alex sudah gak sabar mau nyebur

Alex sudah gak sabar mau nyebur

Sebastian dari Belanda yang menjadi kawan satu rombongan tour saat ke Derawan, malah lebih suka berada di Indonesia daripada di negaranya. Katanya Indonesia lebih luas dan lebih banyak tempat wisatanya!

Sebastian berenang bareng ubur-ubur

Sebastian berenang bareng ubur-ubur

Indonesia itu penduduknya ramah. Itu yang Bruce, backpacker dari Shanghai, bilang tentang Indonesia. “Indonesian people is very nice and helpful.” Itu pula yang dikatakan Alex pada saya. Dia bahkan betah tinggal di Surabaya (Surabaya gitu loh :”>) karena orang-orangnya yang friendly dan senang berkumpul.

Kalau Joke dan Pieter, sepasang kekasih dari Belgia justru terkagum-kagum akan keberagaman di Indonesia. Teman sailing trip saya saat mengelilingi Taman Nasional Komodo ini begitu heran akan toleransi beragama dan berbudaya masyarakat Indonesia yang begitu tinggi. Mereka kagum bahwa kita dapat dengan mudahnya bergaul antar agama, dan berbicara dengan banyak bahasa daerah yang berbeda. Karena di negaranya sana, ada “jarak” antar orang yang berbeda agama.

Namun pasangan kekasih ini juga bilang bahwa Indonesia itu mahal! Mereka membandingkan dengan Thailand yang katanya justru lebih murah (entah ya, saya belum pernah ke Thailand). Lalu mereka agak menyayangkan pembedaan harga tiket masuk ke sebuah tempat wisata, dimana harga untuk wisatawan asing harganya bisa 5x lipat lebih dibandingkan dengan turis lokal. Mereka masih memaklumi, karena penduduk lokal pasti melihat bahwa wisatawan asing sudah tentu duitnya banyak. Padahal ya belum tentu begitu.

Mereka juga heran akan kelakuan pedagang-pedagang suvenir di tempat wisata yang terus menghampiri dan terus memaksa untuk membeli dagangan, padahal kita sudah menolak dan sama sekali tidak memanggil mereka.

Bareng Joke, Pieter, mbak Wati dan Didi di bukit Pulau Rinca

Bareng Joke, Pieter, mbak Wati dan Didi di bukit Pulau Rinca

David juga mengeluhkan harga tiket pesawat antar wilayah di Indonesia yang mahal. Dia menghabiskan lebih dari sejuta hanya untuk penerbangan Bali – Labuan Bajo. Menurutnya, tiket pesawat antar wilayah di negara-negara tetangga kita lebih terjangkau. Dan lagi, tidak banyaknya direct flight antar wilayah. Misalnya, dari Surabaya ke Belitung, yang harus transit di Jakarta terlebih dahulu, yang tentunya menambah biaya. Tidak heran orang Indonesia lebih memilih berwisata ke luar negeri yang harga tiket pesawatnya lebih terjangkau.

Dan hampir semua dari mereka bilang kalau Indonesia itu panas, dan gigitan nyamuknya ganas! Hihi…

Nah, ada yang mau share mengenai apa kata para warga negara asing tentang Indonesia? :)

11 thoughts on “Apa Kata “Mereka” Tentang Indonesia?

  1. Setuju kakak, teman-teman bule yanng sering aku jumpain kalau “Indonesian people are kind and sweet” hahaha :D
    Jadi kita harus bangga dengan Indonesia yang dianugerahi alam yang indah!!

  2. tapi ada juga lho yang bilang klo Di Indonesia masih murah2. ada bule dari prancis Yang bilang begitu waktu aku ke danau toba. terlebih Di eropa sedang dilanda krisis.

  3. “Indonesian people are nice”
    slalu begitu heheh
    tapi mereka capek diajakin foto bareng mlulu hahahaha.

    *1 Question pls, Knp cewe kalo foto kaki nya ditekuk2 gitu ya :p *Kaburrrrrrrr*

  4. walah, macam gk tau bule, di depan kita pasti “your country is beutipul, your pipel is nais…belakang kita?,,,hmmmm….#sorry, pengalaman pribadi :D

  5. wah temen2 couch surfing ya?hehehehe buka2 web ketemu nya anak couch surfing juga hehehhe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s