Melongok Keindahan Bawah Laut TN Baluran

Siang itu mendung menggelayut di Pantai Bama, TN Baluran. Gadis berambut pendek dan berkacamata yang baru saja turun dari mobil bersama kedua temannya itu, mendongak menatap langit, terlihat cemas, lantas berkata kepada temannya,”Duh, jangan sampe hujan deh ya…” Gadis itu dan dua temannya, lalu berjalan menuju kantin. Ini memang sudah jam makan siang, tak heran jika mereka sudah lapar.

Sayangnya harapan gadis itu tidak terkabul. Selang beberapa menit kemudian, hujan turun. Saat hujan mulai turun, gadis itu keluar dari kantin kemudian berlari-lari kecil menghampiri saya yang sedang tiduran di bawah pohon. Dia lantas menyapa saya dan bertanya,”Permisi, pak. Bapak yang mengurus kegiatan snorkeling di sini ya?” Saya kemudian duduk dan menjawab,”Iya benar, mbak. Kenapa?” Saya pengin snorkeling, pak. Tapi hujan. Gimana ya?”, dia menjawab dengan raut agak sedih. Oo…jadi itulah alasan kenapa gadis ini berharap hujan tidak turun. “Nanti saja, mbak, kalau hujannya sudah reda. Kalau hujan gini, air lautnya buthek,” jawab saya.

Gadis yang kemudian saya ketahui bernama Intan itu lantas banyak bertanya tentang sewa kapal, sewa peralatan snorkel, dan keadaan bawah laut Pantai Bama. “Jarak tempat terumbu karangnya dari pantai cukup jauh, mbak, sekitar 300 m. Jadi lebih baik sewa glass bottom boat saja. Kan capek berenang bolak-balik 600 m,” jelas saya. “Hmm… Saya dengar bisa berenang dari dermaga mangrove dan jaraknya lebih dekat ya, pak?” dia bertanya lagi. “Benar, mbak. Dari situ berenang hanya 150 m,” jawab saya. “Ooh..ya sudah, pak. Nanti lewat situ saja. Semoga ini hujannya cepat reda. Terima kasih ya, pak,” kata gadis itu yang lantas berlari kembali menuju kantin.

Pantai Bama

Pantai Bama di pagi hari saat air sedang surut

Hujan dan udara yang dingin membuat saya masuk ke dalam ruangan dan segera jatuh tertidur. Waktu berselang hampir satu jam, ketika saya mendengar ada yang memanggil nama saya. Saya keluar dari ruangan dan menemukan gadis tadi berdiri di luar yang lantas berkata,”Pak, hujannya sudah reda. Bisa snorkeling sekarang? Tapi ini sudah hampir sore. Pemandangannya masih bagus gak ya?” Dia bertanya dengan wajah harap-harap cemas. “Dicoba saja, mbak. Nanti saya dampingi. Sekarang siap-siap dulu saja pakai peralatan snorkelnya,” jawab saya.

Seusai mengambil peralatan, saya dan gadis tadi bersama seorang temannya yang ia panggil Susi, berjalan menuju dermaga mangrove. Pantai Bama ini memang dikelilingi oleh hutan mangrove. Jarak dermaga dari pantai tidak sampai 5 menit berjalan kaki. Sesampainya di dermaga dan memakai semua peralatan, kami bertiga lantas turun ke laut. Gadis bernama Intan ini rupanya sudah terbiasa snorkeling, terlihat dari gerak-geriknya yang santai. Sedangkan bagi temannya yang bernama Susi, ini adalah pengalaman pertama kalinya, sehingga dia agak panik karena belum terbiasa bernafas lewat mulut melalui selang snorkel.

Saya mengantar mereka berdua menuju titik terumbu karang yang masih sehat. Saya lihat mereka senang saat menemui gugusan terumbu karang yang berwarna-warni. Apalagi saat berjumpa dengan clown fish yang berenang di antara anemon laut. “Terumbu karangnya bagus, pak! Tapi kok ikannya sedikit ya?” tanya Intan. “Cuacanya kurang mendukung, mbak. Apalagi ini sudah sore. Waktu lagi cerah-cerahnya, ikannya bisa kelihatan banyak sekali, mbak,” jawab saya.

???????????????????????????????

???????????????????????????????

IMG_4519

???????????????????????????????

???????????????????????????????

???????????????????????????????

Sekitar satu jam saya mengantar mereka berkeliling ke titik-titik terumbu karang yang indah. Kemudian kami kembali ke daratan dengan berenang cukup jauh menuju bibir pantai. Mereka berdua pun ngos-ngosan saat sudah sampai di daratan. “Hoahh..capek, pak. Tapi bagus!” kata mereka dengan wajah yang letih namun terlihat senang.

Pantai yang di permukaannya menurut saya biasa-biasa saja ini, memang punya taman bawah laut yang cukup oke dan belum diketahui oleh banyak orang. Rata-rata pengunjung Taman Nasional Baluran kebanyakan hanya tertarik dengan hamparan savanna dan kumpulan satwanya yang membuat mereka seolah ada di Afrika. Tapi siapa sangka, di pantainya justru ada keindahan tersembunyi. Patut untuk dilihat!

IMG_4546

Ikut trip ke Baluran bareng Berangan Trip yuk! Cek detailnya di http://wp.me/p3FEJm-3D

Baca juga : Taman Nasional Baluran, Africa Van Java

14 thoughts on “Melongok Keindahan Bawah Laut TN Baluran

    • Ada penginapan kok. Harganya paling murah 35.000/orang. Ngecamp juga bisa di camping ground-nya Savanna Bekol.
      Baluran setau saya untuk pengamatan satwa, bukan untuk berburu :)

  1. nice write about baluran..i wanna go there but dont know where to start from jakarta..please share with me..

    • Hi, Saul,
      From Jakarta, first you can go to Surabaya. And then catch a bus to Banyuwangi from Terminal Purabaya. Fyi, there are two kind of bus which go to Banyuwangi : via Situbondo & via Jember. To get to Baluran, take the ‘via Situbondo’ one, because Baluran is on Situbondo but very near to Banyuwangi.
      Because Baluran has a large area, in Baluran you should rent an ‘ojek’ to get from one place to another. The cost is 30.000 one-way. Or a car that costs 100.000 one-way.
      Good luck! Just ask me if you have more question. I’ll help :)

    • Hi Amelia,
      Di sana tersedia beberapa alat diving dan tabung, tapi tidak terlalu banyak. Dan saya kurang tau apakah itu memadai untuk digunakan. Mungkin sebaiknya cukup snorkeling saja :)

  2. wow baru tahu bisa snorkeling di Bama juga
    di sana cuma canoeing, gak tahu kalo bawah lautnya seindah ini

  3. intan aku pengen kesini, kalo boleh aku dikasih itineraynya donk, sama info yang berguna buat nanti disananya, hehehee…

    makasih intan

  4. waktu 2010 aku ke sini cuma ke savanna ama pantai bama nya aja. emang mesti banget snorkling ya kayaknya. ada nemoo >.<

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s