Sejenak di Pulau Kodingareng Keke

Pertama kali mendengar nama pulau ini, saya langsung teringat lagu daerah O Ina Ni Keke yang berasal dari Sulawesi Utara. Bisa jadi ada orang Minahasa yang menemukan pulau ini lalu memberi nama tersebut. Entahlah. Yang pasti, pulau bernama unik ini termasuk dalam gugusan Kepulauan Spermonde. Mengingatkan saya pada sperm… Ah, sudahlah.

Kepulauan Spermonde terletak di barat daya kota Makassar. Terdiri dari sekitar 121 pulau yang beberapa di antaranya tidak berpenghuni. Salah satunya adalah Kodingareng Keke. Pulau ini berjarak sekitar 1 jam dari Makassar. Dapat dijangkau dari Dermaga Kayu Bangkoa dengan kapal kayu sewaan yang dapat memuat hingga 15 orang. Kebanyakan orang datang ke sini juga sekaligus berwisata ke Pulau Samalona, karena letak pulau ini memang tidak terlalu jauh dari Samalona.

IMG_0018 (2)

IMG_0021

IMG_0828

Letak Kepulauan Spermonde yang relatif dekat dengan Kota Makassar, membuatnya menjadi tujuan populer bagi penduduk Makassar untuk berwisata di akhir pekan. Selain mudah diakses, harganya juga relatif terjangkau apabila datang beramai-ramai. Namun kebanyakan lebih suka datang ke Pulau Samalona karena punya fasilitas yang cukup memadai, seperti penginapan dan warung makan. Sedangkan yang datang ke Kodingareng Keke biasanya berniat untuk menyelam atau snorkeling.

Kodingareng Keke memang hanya sebuah pulau kecil tanpa fasilitas apapun, termasuk toilet dan air bersih. Namun pantainya berpasir putih dan punya perairan yang biru jernih. Spot untuk snorkeling letaknya tidak jauh dari pulau. Konturnya landai, dan didominasi oleh hard coral. Koralnya rata-rata masih cukup bagus, tapi tidak terlalu spesial menurut saya. Ikannya pun tidak terlalu banyak.

IMG_4630

IMG_4633

IMG_4642

Menurut teman, ada spot yang lebih oke di sisi lain pulau, tapi entah kenapa saat itu bapak pengemudi kapal tidak membawa kami ke sana. Oya, katanya ada spot penyelaman berupa bangkai mobil VW yang katanya sengaja ditenggelamkan. Tapi karena kedalamannya yang katanya mencapai 30 m, jadi spot tersebut memang dikhususkan untuk diving.

Notes :

  • Dermaga Kayu Bangkoa letaknya dekat dengan Pantai Losari dan Fort Rotterdam.
  • Sewa kapal ke 2 pulau (Samalona & Kodingareng Keke) harganya sekitar 500 – 600 ribu. Silahkan ditawar.
  • Bagi yang tidak membawa alat snorkeling, bisa menyewa di Pulau Samalona dengan harga 50 ribu/set.

Baca juga :

2 thoughts on “Sejenak di Pulau Kodingareng Keke

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s