Taka Bonerate Underwater Series

Datang ke suatu tempat itu memang enggak cukup sekali, karena selalu ada yang beda di tiap kunjungannya. Apalagi ke sebuah kepulauan yang luas areanya mencapai puluhan ribu hektar seperti Taka Bonerate. Untuk menjelajahinya tidak cukup hanya datang sekali. Eh, khusus kali ini saya hanya bicara tentang bawah lautnya ya.

Kunjungan pertama ke Taka Bonerate kurang berkesan buat saya soal bawah lautnya. Mungkin karena saat itu musim kurang bersahabat. Sering hujan, mendung, serta ombak dan arus yang kencang, sehingga mempengaruhi visibility. Tapi saya jatuh cinta dengan pulaunya yang indah dan sepi. Kunjungan kedua dan ketiga ketika datang ke beberapa spot baru, baru deh saya dapet feel-nya.

Ada puluhan dive spot yang tersebar mulai dari ujung utara hingga selatan Taka Bonerate. Kontur bawah lautnya bervariasi, mulai dari reef flatpinnacle (gundukan karang membentuk bukit di bawah laut), hingga wall. Jika kita menginap di Pulau Tinabo, tak perlu naik kapal untuk bisa sampai ke spot penyelaman. Cukup melakukan beach entry atau turun saja dari dermaga, karena beberapa titik penyelamannya ada di sekeliling pulau.

Yang paling unik jika snorkeling atau menyelam di Pulau Tinabo adalah kita bisa menyelam bareng baby shark! Penyu juga beberapa kali terlihat berenang di perairan Tinabo. Dan yang juga unik adalah, ada titik di mana banyak terdapat kima (kerang laut raksasa) yang besarnya hampir mencapai 1 meter. Sayangnya terumbu karang di sekelilingnya sudah hancur.

Spot yang baru dibuka adalah sumur ikan di Taka Lamungan. Berupa lubang di bawah laut yang belum diketahui berapa kedalamannya. Dari lubang itu, ada ribuan ikan yang berenang keluar dan masuk. Tempat tersebut sempat dikeramatkan oleh masyarakat setempat. Ada ritual khusus di sumur ikan ini oleh masyarakat Bajo saat musim kemarau panjang. Mereka akan mengaduk-aduk sumur ini dengan galah sebagai salah satu syarat agar hujan segera turun. Unik ya.

Nah, daripada kebanyakan omong, just check the photos aja deh! ;)

IMG_5883

The drop-off

IMG_5955

Ikan-ikan kecil lagi pada pergi sekolah

IMG_5928

Great corals and many fishes

Colorful!

Colorful!

Fishes and fishes everywhere!

Fishes and fishes everywhere!

IMG_5839

The table coral

IMG_5978

Pemandangan bawah laut yang bikin betah :)

IMG_5574

Sumur ikan

Fish traffic di sumur ikan

Fish traffic di sumur ikan

IMG_5609

Baby blacktip shark di pantai Pulau Tinabo

IMG_5775

The big Kima

Join trip-nya Berangan Trip ke Selayar dan Taka Bonerate yuk! Kontak saya untuk detailnya, atau klik http://wp.me/p3FEJm-4

Baca juga :

10 thoughts on “Taka Bonerate Underwater Series

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s