Nostalgia Kemegahan Majapahit di Sativa Hotel

Siapa yang tidak tahu Majapahit, salah satu kerajaan paling berpengaruh di masa lampau. Patih Gajah Mada dengan Sumpah Palapa-nya dan Hayam Wuruk yang membawa Majapahit pada kejayaan, adalah dua kisah yang banyak dikenang orang tentang kerajaan ini. Untuk mengenang kejayaan Majapahit, biasanya wisatawan akan berkunjung ke Trowulan. Salah satu kecamatan di Mojokerto ini diduga kuat sebagai pusat Kerajaan Majapahit karena menyimpan banyak peninggalan kerajaan tersebut. Terdapat puluhan situs berupa bangunan, candi, arca, gerabah, kolam pemandian, dan pemakaman.

Tidak jauh dari Trowulan, tepatnya di Pacet, terdapat sebuah hotel yang juga ikut melestarikan kejayaan Majapahit melalui desain bangunannya. Sativa Sanggraloka Hotel namanya. Nuansa kebesaran Majapahit dapat kita lihat dari beberapa replika candi peninggalan Kerajaan Majapahit yang dapat di temui di setiap sudut area hotel, seperti Candi Wringin Lawang dan Candi Brahu. Detail-detail eksterior seperti entrance bangunan cottage pun didesain seperti candi. Tak lupa relief di dinding bangunan, serta patung-patung dan arca yang menghiasi setiap sudut area hotel.

Replika Candi Wringin Lawang

Replika Candi Wringin Lawang

Relief di dinding cottage dan entrance berbentuk candi

Relief di dinding cottage dan entrance berbentuk candi

Entrance presidential suite

Entrance presidential suite

Agar terkesan kuno, hampir seluruh material bangunan didominasi oleh batu bata merah ekspose yang tidak di-finishing dengan cat. Material batu candi juga banyak dipakai pada bangunan, aksesoris landscape dan perkerasan. Bahkan lumut sengaja dibiarkan tumbuh pada tubuh bangunan dan elemen-elemen landscape, yang menambah kesan artistik dan kuno. Jika eksterior didominasi warna terakota, interiornya didominasi warna coklat karena penggunaan material kayu yang menambah kesan hangat.

Entrance cottage dan kolam renang

Entrance cottage dan kolam renang

Cottage Wringin Lawang

Cottage Wringin Lawang

Penggunaan batu bata ekspose sangat mendominasi

Penggunaan batu bata ekspose sangat mendominasi

Kamar cottage

Kamar cottage

Tidak hanya bentuk bangunan, konsep Majapahit pun terasa hingga ke penamaan bangunan, seperti Candi Brahu Alit, Hall Gajah Mada, Bangsal Ngandap, Bangsal Nginggil, Segaran Wetan, dan lain sebagainya. Dalam detail interiornya pun. Seperti seikat padi dan jagung di dalam mangkuk yang menghiasi seluruh kamar hotel. Hal ini disebabkan pada masa Kerajaan Majapahit dahulu, padi dan jagung dianggap sebagai simbol kesejahteraan. Memang dalam mendesain ruangan dan arsitektur hotel ini, konon dilakukan penelitian yang cukup lama untuk mengetahui desain dari Kerajaan Majapahit.

Yang paling menarik dari Sativa Sanggraloka Hotel adalah penataan landscape-nya yang asri, dengan lahan yang berkontur. Kolam ikan, kolam teratai di sekeliling bangunan, serta danau angsa, menjadi elemen softscape yang menarik. Sedangkan gazebo, pot tanaman dan lampu taman dari tanah liat, kursi taman, patung-patung batu, serta gapura berupa candi, adalah elemen hardscape yang memperkuat konsep Majapahit di hotel ini. Cluster cottage Wringin Lawang adalah yang paling menarik karena konturnya yang menurun seperti tangga, dan peletakan bangunan cottage yang berbeda-beda level ketinggian. Di sini kita akan dibawa melewati lorong yang dinaungi pohon buah Maja, dan lorong itu akan berakhir di danau angsa.

Detail2 landscape berupa lampu taman, patung, arca, dll

Detail2 landscape berupa lampu taman, patung, dan arca

Jembatan dan patung2 pada entrance cottage Wringin Lawang

Jembatan dan patung2 pada entrance cottage Wringin Lawang

Kolam ikan

Kolam ikan

Di sekitar danau angsa

Di sekitar danau angsa

Lorong yang dinaungi pohon buah maja

Lorong yang dinaungi pohon buah maja

Ya, di area hotel ini banyak ditanam pohon buah Maja yang pahit, buah yang menjadi cikal bakal dari nama Majapahit. Tanaman-tanaman langka yang hanya dapat ditemukan di hotel ini pun banyak menghiasi taman, dengan papan nama yang menjelaskan jenis tanaman tersebut sehingga tamu juga mendapatkan edukasi tentang lingkungan. Bahkan ada area Taman Toga, taman yang berisi berbagai tanaman untuk pengobatan alami/tradisional. Para tamu pun dapat memetik dan membawa pulang tanaman toga tersebut, karena memang dijual oleh pihak hotel.

Sativa Sanggraloka Hotel memiliki 24 kamar hotel, 26 cottages, dan 2 presidential suites, dengan berbagai fasilitas penunjang yang akan memanjakan setiap tamu yang tinggal; seperti Restoran Dewi Sri, 5 ruang pertemuan, 2 kolam renang, perpustakaan, ruang fitness, ruang bermain anak, ruang baca, ruang karaoke, lapangan tenis, jogging track, area shooting target, area outbound, dan free wi-fi di seluruh area hotel. Karena fasilitasnya yang cukup lengkap, hotel ini sangat cocok untuk meeting, family gathering, serta company outbound.

Kolam renang Segaran Kilen

Kolam renang Segaran Kilen

Area outbound dan jogging track

Area outbound dan jogging track

Mempunyai motto “The Village of Enchantment”, Sativa Sanggraloka Hotel memang didesain sebagai tempat bersantai dan refreshing yang dekat dengan alam. Melalui penataan landscape yang asri serta lokasinya yang berada di dataran tinggi dan berlatar belakang pegunungan Welirang, pengunjung akan merasakan kenyamanan dan kesegaran alam pegunungan di area hotel. Selain itu, pelestarian budaya serta nilai-nilai historis peninggalan Kerajaan Majapahit, membuat tempat ini sangat tepat untuk mengenang masa kejayaan Kerajaan Majapahit.

Tertarik menginap, mengadakan meeting, family gathering, atau company outbound di Sativa Sanggraloka Hotel? Hubungi saya atau Berangan Trip untuk arrangement dan mendapatkan harga spesial!

5 thoughts on “Nostalgia Kemegahan Majapahit di Sativa Hotel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s