Lodge Review : Cakra Homestay Solo

Bermalam di Solo ini sebenarnya awalnya enggak direncanakan. Maunya sih cuma ngider beberapa jam di Solo, lalu langsung cabut ke Jogja. Tapi karena badan saya sudah teriak-teriak minta istirahat, jadilah kami mendadak cari penginapan di Solo. Berbekal rekomendasi dari beberapa blog, kami meluncur menuju Cakra Homestay.

Cakra Homestay terletak di Jl. Yos Sudarso Gg. Cakra II no. 15, Kauman, Solo. Meskipun terletak dalam gang, tapi lokasinya ada di tengah kota dan mudah dijangkau. Dekat pula dengan Jl. Slamet Riyadi, jalan utama di Kota Solo. Jalan kaki dari homestay menuju Kraton dan alun-alun pun bisa banget karena dekat. Homestay ini dahulu adalah pabrik batik. Namun karena ada larangan bangunan pabrik di dalam kampung, maka bangunannya beralih fungsi menjadi sebuah homestay.

IMG_6196

Halaman depan Cakra Homestay

Awalnya saya enggak ada ekspektasi apa-apa, tapi ketika memasuki homestay ini, saya langsung jatuh cinta. Saya agak surprise karena ternyata lahannya cukup luas dan kamarnya lumayan banyak. Ada kali 20-an kamar, dengan 2 jenis kamar, yaitu AC dan non-AC. Keadaan kamarnya sih biasa banget, tapi lingkungan homestay-nya oke punya! Arsitektur dan ornamen-ornamennya bergaya Jawa, dengan dominasi material kayu. Lampu-lampu gantung antik, pintu berukir, dan perabot-perabot lawas menjadi penghias di area homestay. Saran dari saya, pilih kamar di lantai 2 yang dekat dengan kolam renang. View-nya asik banget buat nongkrong-nongkrong cantik di balkon.

Kamar non-AC yang standard banget

Kamar non-AC yang standard banget

IMG_6163

Koridor teras di depan kamar

IMG_6168

Kanan : bangunan kamar. Kiri : rumah pemilik homestay

IMG_6179

Gebyok, alias pintu berukir ini saya suka banget

Ya, homestay ini punya fasilitas kolam renang dengan sebuah pendopo sebagai background-nya. Beberapa bangku taman disediakan di pinggir kolam renang sebagai tempat untuk duduk-duduk menikmati suasana kolam. Di area kolam renang ini kadang dijadikan sebagai venue pernikahan lho. Dan asiknya lagi, homestay ini punya semacam menara pandang. Dari atas menara tersebut kita bisa duduk-duduk sambil menikmati semilir angin dan memandang suasana Kota Solo dari ketinggian.

Kolam renang dan pendopo

Kolam renang dan pendopo

Area duduk di atas menara

Area duduk di atas menara

Suasana bergaya Jawa ini menjadi daya tarik bagi wisatawan asing. Selain itu, Cakra Homestay punya kelas gamelan dan kelas tari tradisional yang diadakan di malam hari-hari tertentu. Kelas kesenian ini juga sangat menarik minat para tamu asing. Pemandangan bule-bule main gamelan biasa terlihat di sini. Kalah deh saya. Tapi tamu-tamu lain yang enggak ingin ikut belajar, bisa kok ikut menikmati dan sekedar menonton kegiatan tersebut. Seru ya. Memang terlihat kalau homestay ini berusaha untuk ikut melestarikan budaya Jawa.

Ruang gamelan

Ruang gamelan

Oya, Cakra Homestay juga menyediakan informasi wisata, persewaan kendaraan, bahkan guide untuk menemani berkeliling di Solo. Lengkap!

Cakra Homestay

Alamat : Jl. Yos Sudarso Gg. Cakra II no. 15, Kauman, Solo

Telp. : +62 271 634 743

Harga :

  • Rp. 125.000 : fan, kamar mandi luar
  • Rp. 175.000 : AC, kamar mandi dalam

8 thoughts on “Lodge Review : Cakra Homestay Solo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s