Hobi: Hunting Sunset

Kata dosen saya pas kuliah dulu, momen ‘pergantian’ itu biasanya selalu ‘dirayakan’. Contohnya, pergantian jenjang pendidikan yang dirayakan dengan wisuda, pergantian usia serta pergantian status dirayakan dengan adanya pesta, bahkan dari in relationship ke single aja disuruh traktiran. Hihihi… Karena istimewanya momen ‘pergantian’ itu, enggak heran banyak orang yang mengejar momen pergantian dari siang ke malam, alias sunset. Sunset itu istimewa karena terjadi sekali dalam sehari dengan waktu yang sangat sebentar.

Buat saya yang males melek pagi-pagi, saya lebih suka menikmati sunset daripada sunrise. Saya mengagumi semburat berwarna oranye yang tercipta di langit ketika matahari sudah lenyap dibalik horizon. Lagipula, sunset itu romantis gimana gitu kaan… Apalagi kalau nontonin sunsetnya bareng pasangan *lope lope*

IMG_7406

Sunset paling pas dinikmati sambil nongkrong-nongkrong cantik

Jadii…tiap nge-trip kemanapun, saya enggak pernah absen buat motoin langit senja dan si matahari yang mau tenggelam. Salah satu sunset favorit  saya ada di Labuan Bajo. Di kota pelabuhan ini, kita bisa menikmati sunset dari dermaga pelabuhan. Kalau mau menikmati sunset sambil nongkrong atau ngemil-ngemil cantik, bisa juga dari restaurant yang letaknya di atas bukit seperti Paradise Bar.

Sunset di Labuan Bajo yang super cantik

Sunset di Labuan Bajo yang super cantik

Favorit kedua saya yaitu di Pulau Tinabo, Taka Bonerate. Di pulau kecil yang penghuninya hanya staff Taman Nasional ini, kita bisa nongkrongin sunset pas di depan cottage tempat kita nginep. Berkali-kali ke sini, saya enggak pernah enggak terpesona sama langit senjanya. Sunset-nya selalu cantiikk setiap hari.

Senja di Taka Bonerate. Selalu cantik tiap harinya.

Senja di Taka Bonerate. Selalu cantik tiap harinya.

Pas ke Nusa Lembongan di Bali, alhamdulillah saya dapet penginapan murmer yang letaknya pas di pinggir pantai. Secara penginapan-penginapan di sana yang ngadep pantai gitu rata-rata mahal. Hotel di sebelah penginapan saya aja harganya di atas sejuta per malem. Daan…pemandangan senja dari depan penginapan saya sungguh sangat ciamik karena tepat menghadap ke barat. Setelah matahari menghilang di balik horizon, biasnya menciptakan pantulan gradasi dari warna kuning, oranye, dan pink di laut. Cantik buanget.

Paling sukak bias senja di Nusa Lembongan ini!

Paling suka bias senja di Nusa Lembongan ini!

Sunset di Lombok juga enggak ada yang enggak bagus! Tempat rekomendasi dari saya untuk hunting sunset di Lombok adalah di Gili Nanggu, Gili Trawangan, Pantai Senggigi, Bukit Nipah (Malimbu 2), dan Taman Loang Baloq di Mataram.

Dari tengah kota Mataram pun bisa lihat sunset ciamik

Dari tengah kota Mataram pun bisa lihat sunset ciamik

Di Makassar, kebanyakan orang biasanya nongkrong di Pantai Losari untuk menghabiskan sore hari dan menikmati senja. Tapii…daripada foto-foto sunset-mu keganggu banyaknya orang, mending melipir ke Pantai Akkarena yang jauh lebih sepi. Pantai ini letaknya gak jauh kok dari Pantai Losari. Di sana juga ada area makan outdoor untuk bersantai sambil cemal-cemil. Dan karena sepi, yang datang ke sini kebanyakan berpasangan. Hihihi…

Daripada ke Losari, mendingan ke Akarena kalau hunting sunset di Makassar

Daripada ke Losari, mendingan ke Akarena kalau hunting sunset di Makassar

Kata siapa di Bromo cuma bisa lihat sunrise? Sunset di sini juga oke kok. Untuk menikmatinya pun enggak harus berkendara jauh pakai jeep. Kalau kamu menginap di Cemoro Lawang, terutama di Lava View, kamu bisa mencapai spot ini dengan berjalan kaki enggak begitu jauh. Lokasi tepatnya saya lupa namanya. Pokoknya kalau dari Hotel Lava View, naik aja terus ke atas bukitnya. Nah, di situ deh…

Sunset di balik Gunung Bromo

Sunset di balik Gunung Bromo

Di Selayar pun, sunset-nya cantik setiap hari. Kotanya terletak di pinggir laut yang menghadap ke arah barat. Jadi, pemandangan senja yang luar biasa itu pasti sudah jadi makanan sehari-hari untuk penduduk di sana.

Bermain bersama senja di Selayar, Sulsel

Saya, bermain bersama senja di Selayar

Last but not least, senja di Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah. Di sini, sunset dan sunrise sama-sama cantiknya.

Senja di Togean

Senja di Togean

Nah, kalau kamu, lebih suka sunrise atau sunset?

7 thoughts on “Hobi: Hunting Sunset

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s