Berburu Pantai-Pantai Selatan Bali

Kalau ngomongin soal wisata pantai, pantai-pantai di Bali memang belum ada matinya. Meskipun Bali sudah mulai macet dan terlalu banyak wisatawan, kemudahan akses serta kelengkapan fasilitas lah yang membuat wisatawan tak bosan-bosannya berdatangan. Perhatikan saja, di tiap tempat wisata pasti sudah banyak hotel dan resort, resto, café, serta tempat nongkrong yang cozy. Enggak perlu bingung lah di Bali, karena semua sudah tersedia.

Karena doyan pantai dan wisata bahari, tiap ke Bali saya selalu nyari pantai-pantai baru untuk didatangi. Nah, pantai-pantai di Bali yang oke dan terkenal itu kebanyakan letaknya di selatan Bali, sekitar Uluwatu dan Nusa Dua. Contohnya Pantai Dreamland, Pandawa, dan Padang-Padang. Tapi gugusan pantai di selatan Bali enggak hanya itu aja. Masih banyak lagi yang bahkan mungkin belum pernah kita dengar namanya. Buat yang belum pernah ke sana sama sekali, mungkin bakal agak bingung musti datengin yang mana duluan dan gimana rute yang efektif biar enggak loncat-loncat. Nah, di sini saya bakal kasih tips bagaimana berburu pantai di selatan Bali dalam waktu 1 hari.

Kalau kamu datang dari arah Kuta atau Denpasar, ikuti saja arah petunjuk jalan menuju Uluwatu atau GWK. Banyak papan penunjuk jalan kok di jalan raya besarnya. Jadi jangan khawatir bakal tersesat. Setibanya di GWK, ikuti saja jalan lurus hingga bertemu perempatan dengan penunjuk jalan Pantai Pandawa ke arah kiri, Pantai Balangan ke arah kanan, dan lurus ke Uluwatu. Hiraukan arah kanan dan lurus, karena kita akan ke Pantai Pandawa terlebih dahulu. Oya, usahakan berangkat di pagi hari ya.

Pantai Pandawa

Pantai baru yang lagi nge-hits di Bali ini terkenal sejak dibukanya akses jalan menuju pantai. Akses jalan dibuat dengan membelah bukit kapur. Literally membelah kayak yang ada di GWK. Bukit kapur tersebut jadi poin unik dari pantai ini yang bikin banyak orang penasaran. Selain itu, pantai ini juga cukup indah dengan hamparan pasir putih dan laut birunya. Di pinggir pantai banyak berjejer warung makan dan kursi pantai yang bisa disewa untuk sekedar bermalas-malasan sambil menikmati suasana pantai. Karena masih baru, belum ada hotel ataupun homestay di sekitar pantai. Tapi beberapa tahun ke depan bisa dipastikan akan banyak hotel dan resort yang dibangun.

Deretan kursi pantai berjajar rapi di Pandawa

Deretan kursi pantai berjajar rapi di Pandawa

Pantai Green Bowl

Dari Pandawa, ambil jalan ke arah kiri menuju Pantai Green Bowl. Enggak ada petunjuk jalan menuju pantai ini, jadi siap-siap saja cek Google Maps. Setibanya di tempat parkir Pantai Green Bowl, saya melongo karena ternyata sepi sekali dan enggak ada fasilitas apa-apa. Rupanya pantai ini memang masih sangat jarang dikunjungi. Pantas petunjuk jalan pun tak ada.

Untuk mencapai pantai, kita masih harus menuruni ratusan anak tangga. “Turunnya sih enggak capek, mbak. Tapi naiknya yang lumayan,” kata ibu penjual gelang di sana. Kata “lumayan” itulah yang bikin saya mengurungkan niat untuk turun ke pantai. Terutama karena partner jalan saya saat itu enggak mau diajak turun. Maklum sudah cukup berumur. Alhasil saya cuma bisa nontonin lautnya dari atas tebing. Yang pasti, next wajib balik ke sini.

Dari atas aja warna airnya cakep gini. Gimana di bawahnya yak?

Dari atas aja warna airnya cakep gini. Gimana di bawahnya yak?

Pantai Blue Point

Perhentian selanjutnya adalah Pantai Blue Point yang disebut juga Pantai Suluban. Sama seperti Green Bowl, untuk mencapai bibir pantai kita harus menuruni ratusan anak tangga, karena pantainya yang terletak di bawah tebing. Saat berjalan kaki menuju pantai, kita akan melewati deretan cafe dan toko suvenir yang dibangun di atas tebing. Selain fasilitas yang sudah lengkap, hotel dan villa banyak tersedia di sekitar pantai.

IMG_0447

Pantai Padang-Padang

Pantai ini mulai terkenal sejak dijadikan tempat syuting film Eat Pray Love yang dibintangi aktris Hollywood terkenal, Julia Roberts. Lokasinya enggak jauh dari Pantai Blue Point. Dari jalan raya pun kita sudah bisa lihat pemandangan pantai ini. Karakter pantainya hampir sama seperti Green Bowl dan Blue Point, yaitu terletak di bawah tebing dan harus menuruni puluhan anak tangga dulu untuk mencapai pantai. Untungnya turunnya enggak jauh kayak kedua pantai sebelumnya.

IMG_07732

Pantai Dreamland

Dari Padang-Padang, kita terus saja melewati jalan utama yaitu Jl. Raya Uluwatu untuk menuju Pantai Dreamland. Pantai ini sudah sangat terkenal. Papan petunjuknya ada di mana-mana, jadi enggak perlu bingung nyarinya. Lokasinya terletak di dalam kompleks Pecatu Indah Resort.

IMG_0422

Pantai Balangan

Kalau di peta, lokasi Pantai Balangan bersebelahan dengan Dreamland yang hanya dipisahkan oleh semacam tanjung. Letaknya memang enggak jauh. Dari Jl. Raya Uluwatu kita terus saja hingga bertemu perempatan dengan petunjuk arah Pantai Balangan ke arah kiri. Meskipun berdekatan dengan Dreamland, pantai ini belum terlalu banyak pengunjungnya. Kalau datang ke pantai ini, kamu wajib naik ke atas bukitnya untuk melihat pemandangan pantai dari ketinggian. Cantik banget.

View Pantai Balangan dari atas bukit

View Pantai Balangan dari atas bukit

Kalau semua pantai di atas kamu datangi, sepulang dari Pantai Balangan pasti hari sudah menjelang gelap. Langsung deh lurus saja ke arah utara untuk pulang menuju tempat kamu menginap di area Kuta atau Denpasar. Di perjalanan pulang ini kita akan ngelewatin Jimbaran yang terkenal dengan resto-resto seafood-nya. Boleh lho mampir makan malam dulu sembari menikmati sunset.

Anyway, masih banyak lagi lho pantai-pantai tersembunyi yang terletak diantara gugusan pantai di atas, seperti Pantai Karma Kandara, Pantai Nyang-Nyang, dan Pantai Uluwatu. Hampir semuanya punya karakter yang sama, yaitu terletak di bawah tebing, yang berarti harus menuruni banyak anak tangga untuk mencapai pantai. Pun rata-rata berombak besar, sehingga lebih cocok untuk surfing daripada berenang.

Akses ke semua pantai-pantai selatan ini mudah, bisa dijangkau dengan motor ataupun mobil. Jarak antar pantai tidak terlalu jauh, dan keadaan jalan pun bagus. Masih bingung rutenya? Cek lokasi pantai-pantai di atas via Google Maps di link berikut :

4 thoughts on “Berburu Pantai-Pantai Selatan Bali

  1. Ada lagi hidden beach yg bener2 jarang pengunjungnya, namanya Pantai Geger tp yg dekat pura geger, bukan yg di belakang Mulia Hotel. Pantai nya keren banget kalo pas agak surut. Hamparan pasir putih yg ngga terlalu luas dan diapit tebing-tebing, ditambah air laut yg jernih banget. Kayak private beach gitu deh kalo kesana ^.^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s