Lodge Review : Cakra Homestay Solo

Lodge Review : Cakra Homestay Solo

Bermalam di Solo ini sebenarnya awalnya enggak direncanakan. Maunya sih cuma ngider beberapa jam di Solo, lalu langsung cabut ke Jogja. Tapi karena badan saya sudah teriak-teriak minta istirahat, jadilah kami mendadak cari penginapan di Solo. Berbekal rekomendasi dari beberapa blog, kami meluncur menuju Cakra Homestay. Cakra Homestay terletak di Jl. Yos Sudarso Gg. Cakra … Continue reading

Makan-Makan di Kotanya Jokowi

Makan-Makan di Kotanya Jokowi

Meskipun saat ini Jokowi sudah menjadi Gubernur DKI Jakarta, masyarakat Indonesia tentu enggak akan pernah lupa bahwa Jokowi sebenarnya berasal dari Solo. Nah, ini dia beberapa kuliner yang sempat saya coba sewaktu main-main di kotanya Jokowi. Timlo Timlo adalah sejenis sup berisi kembang tahu, daging ayam, hati ampela ayam, dadar telur, sosis, telur pindang dan … Continue reading

Akhirnya Mencoba Diving!

Akhirnya Mencoba Diving!

Berkali-kali melaut, saya sama sekali belum terpikir untuk belajar diving. Maklum, biaya ambil lisensinya cukup merogoh kocek. Dan saya sudah cukup bahagia hanya dengan snorkeling. Sampai akhirnya saya beli underwater housing, dan gatel untuk turun lebih dalam buat moto-motoin ikan yang unik-unik. Apalagi saya sering bergaul sama temen-temen yang doyan diving. Makin ngiler lah saat … Continue reading

Menyapa Tanjung Bira

Menyapa Tanjung Bira

Datang ke tempat wisata saat sedang low season ada enak dan ada enggak enaknya. Jadi, waktu saya ke Tanjung Bira, di sana sedang low season. Weekday pula. Enaknya? Sepi cuy! Saya dan Adam, teman asal Jakarta yang baru aja ketemu di Makassar, jadi satu-satunya tamu di penginapan. Padahal penginapan kami, Salassa Guest House, itu salah … Continue reading

Nostalgia Jogja : Patah Hati & Hotel Mesum

Nostalgia Jogja : Patah Hati & Hotel Mesum

“Musisi jalanan mulai beraksi, seiring laraku kehilanganmu…” Sepenggal lirik lagu “Yogyakarta” milik Kla Project tersebut, paas banget buat ngegambarin perasaan saya yang waktu itu putus sama pacar saat sedang jalan-jalan di Jogja. Alasan putusnya sih sebenernya enggak penting. Yang jelas kami tengkar di telepon, dan kemudian putus. Saya yang waktu itu sedang di cafe, langsung … Continue reading

Nenen Susu Sapi di Kalimilk Jogja

Nenen Susu Sapi di Kalimilk Jogja

Dalam suatu trip yang membuat saya nyasar hingga ke Jogja, membuat saya mampir ke salah satu tempat nongkrongnya anak-anak muda Jogja. Kalimilk namanya. Kalimilk adalah singkatan dari Kaliurang Milk, yaitu cafe dengan menu utama susu sapi. Woohoo! Saya yang doyan banget sama susu sebelumnya sudah membayangkan susu berbagai rasa, eskrim atau puding susu, dan berbagai … Continue reading

15 Hari Menyusuri Sulawesi Selatan

15 Hari Menyusuri Sulawesi Selatan

Ini postingan yang sungguh sangat telat sekali. Tapi lebih baik telat daripada enggak sama sekali kan? :D Pokoknya kalau nge-trip ke luar pulau, terutama yang jauh, saya males kalau cuma sebentar. Habis banyak duit untuk tiket pesawat tapi pas di tempat tujuan enggak pol itu rasanya nanggung. Daripada kudu bolak-balik, sekalian deh 15 hari dihabiskan … Continue reading

Nasi Goreng Jancuk yang Not-So-Jancuk

Nasi Goreng Jancuk yang Not-So-Jancuk

Ini kali kedua saya makan nasi goreng yang terkenal di Surabaya ini. Kedatangan kali ini bersama teman-teman CouchSurfing (CS), karena ada seorang CS’ers dari Medan yang mengajak berwisata kuliner khas Surabaya. Tanpa pikir panjang saya langsung mengusulkan, “Nasi Goreng Jancuk!”. Saat itu saya cuma penasaran, teman-teman CS ini kuat gak dikasih makanan segitu pedasnya. Ngahahahaa… … Continue reading

Mie Ongklok & Tempe Kemul Khas Wonosobo

Mie Ongklok & Tempe Kemul Khas Wonosobo

Kalau kita mencari di Google dengan keyword “kuliner khas Wonosobo” pasti result yang paling banyak keluar adalah “mie ongklok”. Yap, mie ongklok memang kuliner paling terkenal di kota kecil yang terletak di kaki gunung ini. Mie yang disajikan panas ini cocok untuk melawan dinginnya udara Wonosobo. Saat jalan-jalan ke dataran tinggi Dieng di Wonosobo, saya … Continue reading

Nasi Merah & Belalang Goreng Ala Gunungkidul

Nasi Merah & Belalang Goreng Ala Gunungkidul

Salah satu yang bikin saya senang datang ke tempat baru adalah kulinernya. Mencoba makanan lokal dari satu tempat ke tempat lain a la Pak Bondan, wajib dilakukan saat traveling. Hanya beberapa belas jam di Wonosari, ibukota Gunung Kidul, pun enggak menyurutkan niat saya untuk mencoba kuliner khasnya. Kabupaten yang termasuk dalam Daerah Istimewa Yogyakarta ini … Continue reading